Pengembangan bahan ajar IPA berpendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada kegiatan menganalisis sistem pernapasan manusia / Meilian Nurhalida</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar IPA berpendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada kegiatan menganalisis sistem pernapasan manusia / Meilian Nurhalida</p>

Nurhalida, Meilian (2021) Pengembangan bahan ajar IPA berpendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada kegiatan menganalisis sistem pernapasan manusia / Meilian Nurhalida</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Implementasi Kurikulum 2013 menuntut peserta didik menjadi pusat dari proses pembelajaran agar kreativitas siswa menjadi berkembang. Siswa diharapkan memiliki keterampilan berpikir sains yang melibatkan proses menganalisis dalam pembelajaran agar dapat meningkatkan kemampuan berpikir yang lebih tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas kepraktisan dan efikasi efektivitas dari pengembangan bahan ajar IPA berpendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada kegiatan menganalisis sistem pernapasan manusia. Jenis Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan atau research and development (R amp D). Model penelitian yang digunakan adalah model 4-D yang diadaptasi dari Thiagarajan (1974) tetapi dilakukan hingga tiga tahapan meliputi pendefinisian (define) perancangan (design) dan pengembangan (develop). Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket. Kegiatan penelitian dilakukan oleh siswa SMP Negeri 27 Malang yang telah menempuh materi sistem pernapasan manusia. Produk hasil penelitian yaitu bahan ajar berupa buku siswa dan buku guru. Hasil dari uji validitas yaitu 89 58% (khusus) 87 77% (umum) uji kepraktisan guru 100% dan kepraktisan siswa 94 75% serta efikasi efektivitas menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berpendekatan saintifik valid praktis dan layak digunakan serta diharapkan dapat meningkatkan mutu pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304977

Actions (login required)

View Item View Item