Pengembangan buku ajar ipa berbasis etnosains untuk mereduksi miskonsepsi siswa Kelas VII tentang materi suhu dan kalor / M. Andrie Nur Hakim</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku ajar ipa berbasis etnosains untuk mereduksi miskonsepsi siswa Kelas VII tentang materi suhu dan kalor / M. Andrie Nur Hakim</p>

Hakim, M. Andrie Nur (2021) Pengembangan buku ajar ipa berbasis etnosains untuk mereduksi miskonsepsi siswa Kelas VII tentang materi suhu dan kalor / M. Andrie Nur Hakim</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dunia pendidikan memasuki era kemajuan penggunaan teknologi guna meningkatkan proses pembelajaran. Adanya tuntutan transformasi digital di bidang pendidikan disebabkan karena pandemi COVID 19 yang membuat pembelajaran dilaksanakan secara online tidak terkecuali dalam pembelajaran sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis etnosains yang memadukan potensi lokal dengan proses pembelajaran pada materi suhu dan kalor. Pengumpulan data dalam penelitian berupa wawancara uji validasi uji keterbacaan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan (R amp D) yang didesain dengan model 4D. Model 4-D mempunyai 4 tahapan yakni pendefinisian (Define) perancangan (Design) pengembangan (Develop) dan penyebaran (Disseminate). Modul elektronik berbasis etnosains yang sudah disusun diuji validasi oleh ahli media dan ahli materi dan uji keterbacaan yang dilakukan oleh siswa dan guru SMPN 12 Malang. Hasil validasi materi diperoleh dengan skor 90 17% dengan kategori ldquo sangat layak rdquo . Sedangkan validasi ahli media dengan perolehan skor 91 96% dengan kategori ldquo sangat layak rdquo . Sedangkan uji keterbacaan oleh ahli praktisi lapangan sebesar 93 42% dengan kriteria ldquo sangat layak rdquo . Dan uji keterbacaan oleh siswa sebesar 80 37% dengan kriteria ldquo sangat layak rdquo . Hal ini menunjukan bahwa e-modul berbasis etnosains yang dikembangkan layak digunakan sebagai sumber belajar siswa karena dapat membantu dalam pemahaman konsep serta memiliki pengemasan yang berbeda dengan pengintegrasian budaya lokal yang mengikuti perkembangan zaman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304976

Actions (login required)

View Item View Item