Formative feedback berbantuan komputer pada materi bunyi untuk peserta didik SMP / Kiki Ari Damayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Formative feedback berbantuan komputer pada materi bunyi untuk peserta didik SMP / Kiki Ari Damayanti

Damayanti, Kiki Ari (2021) Formative feedback berbantuan komputer pada materi bunyi untuk peserta didik SMP / Kiki Ari Damayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian bertujuan mengembangkan formative feedback berbantuan komputer yang dapat membantu peserta didik SMP meningkatkan pemahaman konsep bunyi. Penelitian merupakan penelitian pengembangan (research and development) dengan model analysis design develop implementation and evaluation (ADDIE). Penelitian melibatkan seorang dosen seorang guru IPA 30 peserta didik untuk menguji keterbacaan serta 10 peserta didik untuk uji efektivitas produk. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi untuk dosen dan guru IPA lembar uji keterbacaan peserta didik serta soal pre-test dan post-test. Data yang diperoleh dalam penelitian ini terdiri atas data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari uji validasi dan keterbacaan produk sedangkan data kualitatif diperoleh dari saran atau komentar terhadap produk. Penelitian ini menghasilkan produk formatif feedback berbantuan komputer. Hasil uji validasi menemukan bahwa produk dalam kategori valid sementara uji keterbacaan mendapatkan hasil 90 29% yang berarti produk dapat digunakan dengan baik. Uji efektivitas juga menemukan bahwa pemahaman konsep peserta didik setelah menggunakan produk lebih baik daripada sebelum menggunakan produk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304975

Actions (login required)

View Item View Item