Pengembangan bahan ajar handout pada kegiatan belajar menganalisis pencemaran lingkungan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah / Ariska Fatmaningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar handout pada kegiatan belajar menganalisis pencemaran lingkungan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah / Ariska Fatmaningrum

Fatmaningrum, Ariska (2021) Pengembangan bahan ajar handout pada kegiatan belajar menganalisis pencemaran lingkungan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah / Ariska Fatmaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran IPA pada tingkat SMP dilaksanakan secara terpadu dan merupakan mata pelajaran integrative science bukan sekedar pembelajaran disiplin ilmu yang membatasi siswa dengan permasalahan kehidupan nyata. Model pembelajaran Problem Based Learning(PBL) dapat menjadikan siswa sebagai subjek pembelajaran . Kemampuan memecahkan masalah dianggap sebagai salah satu tujuan dalam pembelajaran dan hasil dari penggunaan model pembelajaran PBL. Salah satu pembelajaran yang dianggap sulit adalah materi tentang pencemaran lingkungan. Hasil wawancara dengan beberapa siswa VIII di MTs Miftahussalam Kabupaten Ponorogo berpendapat bahwa pencemaran lingkungan merupakan salah satu materi IPA yang sulit untuk dipelajari di kelas. Sementara itu hasil wawancara dengan guru IPA di MTs Miftahussalam menambahkan bahwa kurangnya sumber belajar yang dapat membantu siswa dalam proses analisis pencemaran lingkungan merupakan salah satu faktor penyebab siswa merasa sulit memahami materi pencemaran lingkungan sehingga ketika dihadapkan dengan permasalahan nyata lingkungan dalam kehidupan sehari-hari mereka merasa kesulitan. Oleh karena itu penelitian pengembangan memiliki beberapa tujuan antara lain 1) mengembangkan bahan ajarhandout pada kegiatan belajar menganalisis lingkungan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah 2) Menguji kevalidan serta kepraktisan bahan ajar handout pada kegiatan belajar analisis lingkungan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah. Metode pengembangan yang digunakan adalah metode Research and Development (R amp D) dengan prosedur pengembangan 4D yang sudah menjadi 3D yaitu Define (analisis permasalahan) Design (perencanaan) dan Develop (pengembangan). Sementara itu pengumpulan informasi dilakukan dengan observasi wawancara dan juga penyebaran angket. Data penelitian didapatkan dari angket hasil validasi uji media dan ahli materi oleh salah satu dosen Pendidikan IPA Universitas Negeri Malang dan angket hasil kepraktisan oleh guru IPA dan siswa di MTs Miftahussalam. Rata-rata hasil validasi ahli media memperoleh skor 73 7% dengan kriteria validasi umum ahli materi memeperoleh skor rata-rata 92 5% dengan kriteria sangat valid dan validasi khusus ahli materi memperoleh skor 93 39% dengan Kriteria valid uji kepraktisan guru IPA memperoleh skor rata-rata 90 4% dengan kriteria sangat praktis serta uji kepraktisan oleh siswa memperoleh skor rata-rata 82 19% dengan kriteria sangat praktis. Dari Hal Yang Telah dipaparkan tersebut menunjukkan bahwasanya Bahan ajar handout PADA activities belajar menganalisis PENCEMARAN Lingkungan untuk review meningkatkan kemampuan Siswa hearts pemecahan masalah termasuk layak untuk review digunakan hearts Proses Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304971

Actions (login required)

View Item View Item