Pengembangan bahan ajar IPA terintegrasi etnosains dengan model learning cycle 7e untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis siswa pada topik bioteknologi / Melisa</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar IPA terintegrasi etnosains dengan model learning cycle 7e untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis siswa pada topik bioteknologi / Melisa</p>

Melisa (2021) Pengembangan bahan ajar IPA terintegrasi etnosains dengan model learning cycle 7e untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis siswa pada topik bioteknologi / Melisa</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berpikir kritis merupakan kemampuan yang diperlukan dalam menghadapi masalah sehingga siswa harus mengembangkannya. Adanya bahan ajar dan kurangnya perhatian terhadap sumber daya lingkungan dalam materi IPA secara langsung bertanggung jawab atas rendahnya kemampuan berpikir kritis. Etnosains mengadaptasi fenomena yang berasal dari lingkungan siswa dan memfasilitasi siswa untuk menerima dan memproses informasi berdasarkan hal-hal yang sering mereka temukan. Maka perlu dikembangkan bahan ajar IPA yang menjelaskan permasalahan atau fakta dari lingkungan sekitar siswa. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini untuk mengembangkan dan menghasilkan bahan ajar IPA terintegrasi etnosains sebagai sumber belajar IPA untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis siswa SMP/MTs kelas IX pada topik bioteknologi yang valid dan layak. Metode yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah model pengembangan 4D yang terbatas pada tiga tahapan yaitu tahap pendefinisian perancangan dan pengembangan. Penilaian terhadap kelayakan dan kevalidan bahan ajar dilakukan melalui uji validasi materi dan media oleh validator. Hasil validasi materi dan media pada bahan ajar siswa adalah 89 3% sedangkan hasil validasi materi dan media pada bahan ajar buku guru adalah 92 8% dan seluruhnya termasuk dalam kriteria sangat valid/sangat layak. Berdasarkan hasil validasi tersebut bahan ajar hasil penelitian dan pengembangan ini layak dan valid.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304969

Actions (login required)

View Item View Item