Pengembangan LKPD berbantuan qr code materi sistem ekskresi pada manusia untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VIII SMPN 3 Malang / Anisa Sabera</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan LKPD berbantuan qr code materi sistem ekskresi pada manusia untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VIII SMPN 3 Malang / Anisa Sabera</p>

Sabera, Anisa (2022) Pengembangan LKPD berbantuan qr code materi sistem ekskresi pada manusia untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VIII SMPN 3 Malang / Anisa Sabera</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sarana dan Prasarana yang terdapat di sekolah telah mengikuti perkembangan teknologi untuk mendukung kegiatan pembelajaran. Kegiatan belajar mengajar di SMPN 3 Malang telah memanfaatkan media pembelajaran berbentuk LKPD yang kurang menyesuaikan keadaan peserta didik dalam memfasilitasi kegiatan belajar mandiri. Penelitian ini ditujukan untuk mengembangkan LKPD berbantuan QR Code yang valid dan diuji kepraktisan juga efektivitas dalam meningkatkan hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian R amp D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze Design Development Implementation Evaluation). Teknik pengumpulan data berupa angket dan tes. Angket meliputi analisis kebutuhan validasi media dan kepraktisan media. Sementara tes dilakukan untuk uji keefektifan media dalam meningkatkan hasil belajar yang dilakukan melalui pretest dan posttest. Data penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data yang dilakukan antara lain uji wilcoxon dilanjutkan dengan analisis N- gain untuk mengetahui kategori peningkatan hasil belajar. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata persentase validitas produk sebesar 87% valid persentase kepraktisan guru dan peserta didik sebesar 91% dan 94% menunjukkan bahwa media dalam kategori sangat praktis . Pada penerapan media terdapat perbedaan yang signifikan mengenai hasil belajar dengan hasil uji wilcoxon menunjukan Sig. (2-tailed)0 001 lt 0 05 untuk hasil N-gain menunjukkan kategori sedang dengan nilai 0 7. Berdasarkan keseluruhan hasil penelitian dapat dikatakan bahwa media yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan hasil belajar sehingga dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran oleh peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304964

Actions (login required)

View Item View Item