Pengembangan kuis berbasis HOTS pada education game (wordwall) topik interaksi makhluk hidup dengan lingkungan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa kelas vii / Linda Aprilianingtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan kuis berbasis HOTS pada education game (wordwall) topik interaksi makhluk hidup dengan lingkungan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa kelas vii / Linda Aprilianingtyas

Aprilianingtyas, Linda (2022) Pengembangan kuis berbasis HOTS pada education game (wordwall) topik interaksi makhluk hidup dengan lingkungan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa kelas vii / Linda Aprilianingtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan abad 21 menuntut peserta didik untuk memiliki keterampilan salah satunya adalah keterampilan berpikir kritis. Berdasarkan hasil observasi ketika peserta didik diberikan soal berbasis HOTS peserta didik merasa kesulitan untuk menjawabnya sedangkan berdasarkan hasil wawancara soal yang digunakan hanya sebatas mengukur aspek hafalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kuis berbasis higher order thinking skills (HOTS). Hasil penelitian pengembangan ini berupa kuis pilihan ganda dan uraian yang dikemas menggunakan bantuan game wordwall. Jenis penelitian yang digunakan ialah research and development dengan model ADDIE dengan tahapan analysis design development implementation dan evaluation. Subjek yang digunakan adalah peserta didik kelas VII-B dan VII-F SMP Negeri 8 Malang sejumlah 54 siswa pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata validasi sebesar 84 23% (sangat layak). Dari 35 soal yang dikembangkan terdapat 26 soal berkategori valid dan 9 soal tidak valid. Soal yang dikembangkan berada pada kriteria reliabel (-0 839). Tingkat kesukaran soal mempunyai rata-rata 0 71 dengan kriteria ldquo mudah rdquo . Terdapat daya pembeda soal yang berfungsi dengan baik. Respon siswa memiliki rata-rata sebesar 87% artinya peserta didik memberikan respon sangat positif terhadap soal HOTS pada game wordwall.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Jun 2022 04:29
Last Modified: 01 Feb 2024 08:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304961

Actions (login required)

View Item View Item