Pengaruh persepsi bauran pemesaran terhadap keputusan pembelian konsumen dalam membeli rokok (Studi pada konsumen rokok Boy di desa Ngadirenggo Kec. Pogalan Kab. Trenggalek) / Rendra Setiyawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi bauran pemesaran terhadap keputusan pembelian konsumen dalam membeli rokok (Studi pada konsumen rokok Boy di desa Ngadirenggo Kec. Pogalan Kab. Trenggalek) / Rendra Setiyawan

Setiyawan, Rendra (2009) Pengaruh persepsi bauran pemesaran terhadap keputusan pembelian konsumen dalam membeli rokok (Studi pada konsumen rokok Boy di desa Ngadirenggo Kec. Pogalan Kab. Trenggalek) / Rendra Setiyawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sebagai salah satu dampak adanya globalisasi adalah persaingan antar perusahaan yang semakin kuat baik itu perusahaan manufaktur maupun perusahaan jasa. Hal ini menyebabkan suatu perusahaan harus siap terhadap tuntutan konsumen yang selalu berubah-ubah dari waktu ke waktu. Untuk itu perusahaan perlu mempelajari perubahan perilaku konsumen Sehingga dengan begitu perusahaan akan tanggap dan siap bila suatu waktu konsumen berubah sikapnya dalam membeli suatu barang atau jasa tersebut. Perubahan perilaku konsumen ini juga terjadi dalam bisnis rokok. Konsumen saat ini memerlukan banyak pertimbangan yang matang dalam membeli rokok agar tidak kecewa karena untuk memperoleh kenikmatan rasa yang diinginkan sehingga memerlukan pertimbangan yang sangat serius dalam memutuskannya. Banyak faktor yang menjadi pertimbangan konsumen seperti produk harga lokasi distribusi dan promosi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bauran pemasaran terhadap keputusan konsumen dalam membeli rokok Boy di desa Ngadirenggo pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan konsumen dalam membeli rokok Boy di desa Ngadirenggo baik secara parsial maupun simultan dan bauran pemasaran yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan konsumen dalam membeli rokok Boy di desa Ngadirenggo. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif yaitu pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan konsumen dalam membeli rokok Boy di desa Ngadirenggo. Populasi yang diambil adalah konsumen rokok Boy di desa Ngadirenggo yang jumlahnya tidak terbatas (infinite population). Teknik pengambilan sampel menggunakan multistage sampling purposive sampling dengan sampel sebanyak 168 responden. Untuk menguji kelayakan instrumen digunakan uji validitas dan reliabilitias dengan sampel uji coba sebanyak 30 responden. Data diperoleh melalui responden menggunakan kuesioner/angket tertutup dan diukur menggunakan skala Likert dengan skor 1 - 5. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Bauran pemasaran yang meliputi produk harga lokasi dan promosi menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli rokok Boy di desa Ngadirenggo. (2) Terdapat pengaruh signifikan bauran pemasaran yang terdiri dari produk harga lokasi dan promosi secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian rokok Boy di desa Ngadirenggo. (3) Berdasarkan koefisien beta masing-masing variabel bebas maka dapat disimpulkan bahwa harga merupakan variabel yang dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian rokok Boy di desa Ngadirenggo. Saran yang dapat peneliti berikan adalah (1) Diharapkan PR Alfi Putra untuk memperhatikan faktor produk harga lokasi distribusi dan promosi pada konsumen untuk melakukan pembelian rokok Boy. Hal tersebut dikarenakan faktor produk harga lokasi dan promosi berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam membeli rokok Boy di desa Ngadirenggo. (2) Diharapkan PR Alfi Putra untuk memperhatikan faktor harga karena harga merupakan faktor utama yang dijadikan pertimbangan konsumen dalam melakukan pembelian rokok Boy untuk itu unsur dalam harga yang meliputi penetapan harga dan harga pesaing harus diperhatikan oleh perusahaan apabila ingin mempertahankan dan meningkatkan permintaan konsumen. (3) Diharapkan PR. Alfi Putra lebih memperbanyak promosi dengan pemilihan media yang efektif seperti tester produk karena dari hasil penelitian promosi mempunyai nilai yang rendah dalam mempengaruhi keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30496

Actions (login required)

View Item View Item