Pengembangan instrumen asesmen berbasis soal hots dengan pendekatan kontekstual untuk mengukur kemampuan literasi sains siswa SMP pada materi energi / Rani Febrianti</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan instrumen asesmen berbasis soal hots dengan pendekatan kontekstual untuk mengukur kemampuan literasi sains siswa SMP pada materi energi / Rani Febrianti</p>

Febrianti, Rani (2022) Pengembangan instrumen asesmen berbasis soal hots dengan pendekatan kontekstual untuk mengukur kemampuan literasi sains siswa SMP pada materi energi / Rani Febrianti</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil uji PISA siswa di Indonesia memiliki tingkat literasi sains yang relatif rendah dari tahun 2003 hingga 2018. Oleh karena itu mulai dari sekolah menengah pertama proses pembelajaran di Indonesia semakin terfokus pada penguatan kemampuan berpikir tingkat tinggi agar dapat meningkatkan literasi sains. Penelitian ini bertujuan untuk membuat instrumen penilaian berbasis soal HOTS yang menggunakan pendekatan kontekstual untuk menguji kemampuan literasi sains siswa. Pendekatan penelitian ini merupakan penelitian R amp D (Research and Development) dengan model 4D hanya dengan tiga tahapan yaitu define design dan develop. Instrumen dibuat dengan menggunakan indikator literasi sains berupa soal pilihan ganda dengan empat pilihan jawaban pada pokok bahasan energi dalam sistem kehidupan. Produk yang dikembangkan telah divalidasi oleh validator dan dinyatakan sangat layak untuk diuji secara empiris dengan uji validitas materi menghasilkan persentase rata-rata 99 56% validitas literasi sains menghasilkan persentase rata-rata 99 32% validitas tata bahasa menghasilkan persentase 92% dan validitas keseluruhan menghasilkan persentase rata-rata 97 5%. Uji empiris menghasilkan 20 pertanyaan valid dengan reliabilitas keseluruhan 0 812. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penelitian dan pengembangan ini menghasilkan instrumen penilaian berbasis soal HOTS dengan berpendekatan kontekstual untuk mengukur kemampuan literasi sains siswa SMP pada materi energi yang valid dan reliabel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304958

Actions (login required)

View Item View Item