Pengembangan media pembelajaran komik pada materi sistem tata surya untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP Kelas VII/ Hikmatus Suhriyah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran komik pada materi sistem tata surya untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP Kelas VII/ Hikmatus Suhriyah</p>

Suhriyah, Hikmatus (2022) Pengembangan media pembelajaran komik pada materi sistem tata surya untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP Kelas VII/ Hikmatus Suhriyah</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Materi tata surya bersifat abstrak dan memiliki cakupan yang sangat luas yaitu berupa teori dan hafalan. Komik dipilih sebagai salah satu media pembelajaran yang tepat untuk materi sistem tata surya karena melalui media komik materi dapat dapat dipelajari secara visual dengan bantuan ilustrasi dan gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran komik yang valid dan praktis serta menguji efektivitasnya terhadap hasil belajar. Penelitian ini dikembangkan dengan mengadopsi model ADDIE. Tahapan pengembangan meliputi analyze design development implementation dan evaluation. Data penelitian meliputi data kuantitatif berupa hasil validasi ahli angket respon pengguna hasil pretest-posttest siswa dan data kualitatif berupa saran ahli media materi dan pengguna. Metode analisis yang digunakan antara lain analisis deskriptif independent sample t-test dan analisis gain score (N-gain). Hasil analisis data menunjukkan bahwa komik tata surya yang dikembangkan memenuhi syarat validitas pada kategori sangat valid. Persentase validitas media dan ahli materi masing masing sebesar 96 7% dan 91 3%. Selain memenuhi syarat validitas media yang dikembangkan juga memenuhi unsur kepraktisan dengan nilai persentase 93 05% dengan kategori sangat praktis. Terkait hasil belajar hasil uji t memperoleh (2-tailed) sebesar 0 000 lt 0 05 yang menunjukkan bahwa hasil belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen ada perbedaan yang signifikan. Analisis gain score menunjukkan bahwa tidak ada siswa yang capaian N-gain nya dalam kategori rendah pada kelas eksperimen. Sementara pada kelas kontrol terdapat sebanyak 57.0% siswa dengan N-gain pada kategori rendah. Pada capaian N-gain kategori sedang siswa kelas eksperimen yang mencapai N-gain pada kategori sedang adalah 110% lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Sementara pada capaian N gain kategori tinggi kelas eksperimen 227% lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Dengan demikian media komik sistem tata surya memenuhi kriteria media pembelajaran yang praktis dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304951

Actions (login required)

View Item View Item