Pengembangan bahan ajar pencemaran lingkungan berbasis explicit scientific inquiry instruction untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa / Salsabila Firdausi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar pencemaran lingkungan berbasis explicit scientific inquiry instruction untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa / Salsabila Firdausi

Firdausi, Salsabila (2022) Pengembangan bahan ajar pencemaran lingkungan berbasis explicit scientific inquiry instruction untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa / Salsabila Firdausi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keterampilan berpikir kritis termasuk salah satu keterampilan abad ke 21 yang dijadikan luaran pembelajaran pendidikan dasar dan menengah Indonesia. Namun demikian survei menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa Indonesia masih dalam kategori yang rendah. Untuk meningkatan luaran pembelajaran dalam hal ini keterampilan dalam berpikir kritis diperlukan pengalaman belajar yang relevan. Pengembangan pengalaman belajar siswa dapat diwujudkan dalam bentuk strategi pembelajaran model pembelajaran bahan ajar atau latihan. Terdapat beberapa model pembelajaran yang memberikan siswa pengalaman belajar yang relevan dengan keterampilan berpikir kritis salah satunya adalah Explicit Scientific Inquiry Instruction (ESII). Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan bahan ajar Pencemaran Lingkungan berbasis ESII untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa yang layak menurut penilaian para ahli. Penelitian ini menerapkan model pengembangan ADDIE (Analysis Design Development Implementation dan Evaluation). Data penelitian mencakup data kuantitatif berupa isi angket serta data kualitatif berupa saran dan komentar di dalam angket dan juga hasil wawancara. Uji kevalidan melibatkan dua orang ahli yaitu dosen IPA serta guru IPA SMPN 3 Malang dan uji keterbacaan melibatkan 20 orang siswa SMPN 3 Malang. Hasil analisis menunjukkan bahwa validator dosen memberikan skor kelayakan 94 42% dan validator guru sebesar 92 95% dengan kategori sangat valid. Sedangkan responden uji keterbacaan yakni 20 siswa SMPN 3 Malang memberikan skor kelayakan 96 44% dengan kategori juga sangat layak. Hasil ini mengindikasikan bahwa produk pengembangan bahan ajar pencemaran lingkungan berbasis Explicit Scientific Inquiry Instructions (ESII) yang berorientasikan kemampuan berpikir kritis ini layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304950

Actions (login required)

View Item View Item