Pengembangan bahan ajar berbentuk handout berbasis problem based learning pada materi tata surya / Restu Galih Fandhayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbentuk handout berbasis problem based learning pada materi tata surya / Restu Galih Fandhayu

Fandhayu, Restu Galih (2022) Pengembangan bahan ajar berbentuk handout berbasis problem based learning pada materi tata surya / Restu Galih Fandhayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan serta menguji kevalidan dan keterbacaan bahan ajar berbentuk handout berbasis Problem Based Learning pada materi tata surya dan rencana pelaksanaan pembelajarannya. Bahan ajar berbentuk handout ini dikembangkan menjadi handout untuk siswa dan handout untuk guru. Model yang digunakan adalah ADDIE dengan tahapan (1) Analisis (2) Perancangan (3) Pengembangan (4) Implementasi (5) Evaluasi. Instrumen yang digunakan adalah instrumen wawancara angket validasi handout angket validasi RPP angket keterbacaan oleh guru dan angket keterbacaan oleh siswa. Dihasilkan handout dengan persentase kevalidan handout sebesar yang 91% tergolong sangat valid dan kevalidan RPP sebesar 97% yang tergolong sangat valid persentase keterbacaan oleh guru sebesar 80% yang tergolong baik dan persentase keterbacaan oleh siswa 82% yang tergolong baik. Sehingga bahan ajar berbentuk handout berbasis Problem Based Learning pada materi tata surya dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang dikembangan sangat valid dan baik untuk digunakan dalam pembelajaran. Penggunaan bahan ajar ini memiliki keunggulan yaitu pengintegrasian bahan ajar berbentuk handout ini dengan model Problem Based Learning dan dalam handout memuat banyak gambar yang dapat memperjelas materi dan juga membuat siswa tidak bosan untuk mempelajarinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304949

Actions (login required)

View Item View Item