Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi android menggunakan teknologi augmented reality pada materi gerakan bumi dan bulan terhadap matahari SMP kelas viii / Aditya Bayu Nugroho - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi android menggunakan teknologi augmented reality pada materi gerakan bumi dan bulan terhadap matahari SMP kelas viii / Aditya Bayu Nugroho

Nugroho, Aditya Bayu (2022) Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi android menggunakan teknologi augmented reality pada materi gerakan bumi dan bulan terhadap matahari SMP kelas viii / Aditya Bayu Nugroho. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengembangan media pembelajaran ini merupakan bentuk inovasi dari bahan ajar teks yang masih sering digunakan saat proses pembelajaran di kelas. Semenjak bahan ajar teks masih sering digunakan sebagai sumber belajar utama mengakibatkan siswa hanya belajar dengan menghafal. Terlebih lagi apabila mempelajari materi yang tidak bisa diamati proses terjadinya secara langsung seperti pada materi Gerakan Bumi dan Bulan terhadap Matahari sehingga dapat menimbulkan kerancuan dalam memahami posisi atau gerakan Bumi dan Bulan yang dapat mengakibatkan peristiwa atau fenomena tersebut. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengembangkan media pembelajaran menggunakan teknologi Augmented Reality sebagai media penunjang bahan ajar siswa SMP kelas VIII yang valid dan layak digunakan. Media pembelajaran yang dikembangkan ini merupakan kombinasi dari teknologi Augmented Reality dan media cetak berupa kartu target yang terintegrasi. Penelitian ini hanya menggunakan tiga tahap dari model pengembangan yang dikemukakan oleh William W. Lee amp Diana L. Owens. Ketiga tahap tersebut yaitu (1) penilaian/ analisis (assessment/analysis) yang terdiri dari analisis kebutuhan dan analisis akhir (2) desain (design) dan (3) pengembangan (development). Hasil dari penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi Augmented Reality ini termasuk dalam kriteria layak dengan persentase kevalidan serta kelayakan materi sebesar 72% dan kelayakan media sebesar 80 35%. Kemudian hasil uji kelayakan pendidik diperoleh persentase sebesar 82% serta hasil uji keterbacaan pengguna (peserta didik) sebesar 90 56%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi Augmented Reality penunjang bahan ajar siswa SMP kelas VIII ini layak dan valid digunakan baik dalam pembelajaran di kelas maupun diluar kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304947

Actions (login required)

View Item View Item