Pengembangan e-modul interaktif model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada kegiatan menganalisis pencemaran air / Dyah Fitrianingsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul interaktif model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada kegiatan menganalisis pencemaran air / Dyah Fitrianingsih

Fitrianingsih, Dyah (2022) Pengembangan e-modul interaktif model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada kegiatan menganalisis pencemaran air / Dyah Fitrianingsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Berfikir kritis menjadi salah satu keterampilan yang dibutuhkan di abad ke-21 namun kenyataannya siswa di Indonesia keterampilan berpikir kritisnya rata-rata termasuk masih rendah. Selain itu pandemi Covid-19 menyebabkan pembelajaran yang semula dilaksanakan secara tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh secara online di mana siswa dituntut untuk belajar secara mandiri. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang telah dilaksanakan di SMPN 3 Malang melalui wawancara pada guru IPA diketahui bahwa pembelajaran daring menyebabkan motivasi belajar siswa menurun. Selain itu bahan ajar yang digunakan pada proses pembelajaran belum menggunakan model pembelajaran sehingga belum dapat mendukung kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa e-modul interaktif model Problem Based Learning (PBL) pada kegiatan menganalisis pencemaran air yang valid serta praktis untuk digunakan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang menggunakan metode research and development/R amp D model pengembanganya berupa model 4D dengan modifikasi Thiagarajan dengan tahapan 3-D yakni define (pendefinisian) design (perancangan) dan develop (pengembangan). Pengumpulan data menggunakan instrumen validasi dan instrumen kepraktisan. Uji validasi umum dan khusus dilakukan oleh dosen Pendidikan IPA Universitas Negeri Malang. Hasil analisis data dari angket validasi khusus mendapat persentase 100% dengan kriteria sangat valid validasi umum mendapat persentase 100% dengan kriteria sangat valid validasi ahli media mendapat persentase 95% dengan kriteria sangat valid dan uji kepratisan guru mendapat persentase 85 36% dengan kriteria sangat praktis uji kepraktisan peserta didik mendapat persentase 96 81% dengan kriteria sangat praktis. Hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar IPA yang dikembangkan sangat valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran IPA serta dapat digunakan untuk mendukung meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada kegiatan menganalisis pencemaran air berdasarkan prediksi dari validator.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304945

Actions (login required)

View Item View Item