Pengembangan media pembelajaran e-laboratory berbasis pbl untuk memfasilitasi pemahaman konsep siswa kelas vii SMP/MTS pada materi pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda / Fatimatuz Zahroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran e-laboratory berbasis pbl untuk memfasilitasi pemahaman konsep siswa kelas vii SMP/MTS pada materi pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda / Fatimatuz Zahroh

Zahroh, Fatimatuz (2022) Pengembangan media pembelajaran e-laboratory berbasis pbl untuk memfasilitasi pemahaman konsep siswa kelas vii SMP/MTS pada materi pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda / Fatimatuz Zahroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran IPA pada jenjang SMP merupakan mata pelajaran berfokus pada disiplin ilmu dan meningkatkan keterampilan siswa. Dalam proses pembelajaran khususnya IPA Fisika pemahaman konsep menjadi indikator utama tercapainya tujuan pembelajaran. Materi suhu dan kalor sulit dipahami oleh siswa karena bersifat abstrak serta terdapat 30 67% siswa tidak paham konsep dan 54% mengalami miskonsepsi. Model Problem Based Learning (PBL) diperlukan sebagai upaya meningkatkan pemahaman konsep siswa melalui pemecahan masalah. Berdasarkan hasil wawancara oleh guru IPA dalam pelaksanaan praktikum kurang efektif dikarenakan adanya keterbatasan sarana dan prasana di sekolah serta belum menerapkan media pembelajaran alternatif berbasis PBL dalam membantu pemahaman konsep siswa. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran E-Laboratory berbasis PBL untuk memfasilitasi pemahaman konsep siswa kelas VII SMP. Metode penelitian yang dilakukan mengadopsi model pengembangan ADDIE menurut Lee amp Owens (2004) dengan tiga tahapan saja yang dilakukan yaitu penilaian/analisis (assessment/analysis) meliputi analisis kebutuhan (need analysis) dan analisis awal-akhir (front-end analysis) perancangan (design) dan pengembangan (development). Penilaian tingkat kelavalidan produk berdasarkan kelayakan materi dan kebenaran konsep diperoleh sebesar 87 8% sehingga dapat dikatakan sangat valid dan layak untuk diterapkan dalam pembelajaran. Tingkat kevalidan E-Laboratory berdasarkan penilaian ahli media diperoleh sebesar 86 5% sehingga dapat dikatakan bahwa produk yang dikembangkan dikatakan sangat layak untuk diterapkan sebagai penunjang pembelajaran. Produk pengembangan selanjutnya diuji keterbacaan kepada 25 siswa dan 1 guru IPA. Uji coba keterbacaan dilakukan dengan memberikan media dan pengisian kuisioner. Hasil uji keterbacaan oleh guru diperoleh sebesar 96% sedangkan rerata dari uji keterbacaan siswa diperolah sebesar 91% sehingga dapat dikatakan E-Laboratory sangat valid dan layak dari segi fungsi dan kebenaran konsep untuk diimplementasikan sebagai media pembelajaran. Hasil yang kami peroleh berdasarkan uji kelayakan produk dan uji keterbacaan media E-Laboratory dinyatakan valid dan layak untuk diterapkan dalam proses pembelajaran pada materi pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304944

Actions (login required)

View Item View Item