Pengembangan media pembelajaran berbasis 3d hologram pada materi sistem pencernaan manusia untuk kelas viii SMP/MTS / Maria Nova Sinde - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis 3d hologram pada materi sistem pencernaan manusia untuk kelas viii SMP/MTS / Maria Nova Sinde

Sinde, Maria Nova (2022) Pengembangan media pembelajaran berbasis 3d hologram pada materi sistem pencernaan manusia untuk kelas viii SMP/MTS / Maria Nova Sinde. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Sinde Maria Nova. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis 3d Hologram Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Untuk Kelas Viii Smp/Mts. Skripsi Prodi Pendidikan IPA Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Munzil S.Pd. M.Si. (II) Agung Mulyo Setiawan S.Pd. M.Si. Kata Kunci 3D Hologram Aplikasi Android Sistem Pencernaan Manusia Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pendidikan pada saat ini yang semakin maju. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis 3D hologram sebagai inovasi baru dalam pembelajaran IPA pada materi sistem pencernaan manusia yang valid dan layak digunakan. Media pembelajaran berbasis 3D hologram dikemas dalam bentuk aplikasi android yang dapat membantu peserta didik dalam memahami materi dengan baik. Oleh karena itu dibutuhkan media 3D hologram ini sebagai alternatif dalam pembelajaran IPA sehingga membantu memudahkan guru dalam menyampaikan materi kepada siswa. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan subjek penelitian siswa kelas VIII SMPN 11 Malang. Jenis penelitian ini menggunakan model ADDIE yang meliputi tahapan Analysis (analisis) Design (desain) Development (pengembangan) Implementation (implementasi) dan Evaluation (evaluasi). Teknik pengumpulan data menggunakan analisis deskriptif. Data penelitian ini menggunakan dua tahap validasi yaitu ahli media dan ahli materi yang dinilai oleh dosen angket uji keterbacaan guru serta angket uji keterbacaan siswa SMP. Berdasarkan data penelitian yang diperoleh bahwa hasil rata-rata skor penilaian validasi ahli materi sebesar 68 88% dengan kategori layak dan validasi ahli media berupa kit dan aplikasi sebesar 68 67% dengan kategori layak. Lalu angket uji keterbacaan guru mendapatkan hasil sebesar 97 86% dengan kategori sangat layak dan uji keterbacaan pada siswa mendapatkan hasil sebesar 85 15% dengan kategori sangat layak.Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis 3D hologram yang dikembangkan peneliti pada materi sistem pencernaan manusia sangat layak untuk digunakan dan diimplementasikan dalam pembelajaran IPA SMP Negeri 11 Malang karena media pembelajaran berbasis 3D hologram memudahkan pemahaman siswa menarik perhatian dan memotivasi siswa dalam pembelajaran serta memudahkan guru dalam menyampaikan materi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Mar 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304942

Actions (login required)

View Item View Item