Pengembangan bahan ajar energi berbasis Explicit Scientific Inquiry Instruction (ESII) yang berorientasi keterampilan proses sains / Lutfiah Kurnianti</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar energi berbasis Explicit Scientific Inquiry Instruction (ESII) yang berorientasi keterampilan proses sains / Lutfiah Kurnianti</p>

Kurnianti, Lutfiah (2021) Pengembangan bahan ajar energi berbasis Explicit Scientific Inquiry Instruction (ESII) yang berorientasi keterampilan proses sains / Lutfiah Kurnianti</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fenomena pembelajaran sains saat ini siswa cenderung mempelajari pengetahuan sains tetapi kurang memahami bagaimana pengetahuan tersebut dikembangkan. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan Bahan Ajar Energi berbasis Explicit Scientific Inquiry Instruction (ESII) untuk mengembangkan keterampilan proses sains siswa yang valid menurut penilaian ahli dan terbaca menurut penilaian siswa. Penelitian dan pengembangan ini menerapkan prosedur ppengembangan 4D yang mencakup define design development and dissemination. Saat ini penelitian ini sampai pada tahap development. Data dikumpulkan melalui angket uji kelayakan dan keterbacaan. Penilaian kelayakan dilakukan oleh dua orang ahli seorang dosen dan seorang guru sains sementara penilaian keterbacaan dilakukan oleh 20 siswa SMP. Hasil analisis menunjukkan bahwa content validity index (CVI) bahan ajar adalah 1 (istimewa) sedangkan CVI keterbacaannya adalah 0 94 (istimewa). Penilaian ini mengindikasikan bahwa bahan ajar hasil penelitian dan pengembangan ini layak digunakan dalam pembelajaran sains guna mengembangkan keterampilan proses sains siswa di samping pemahaman konseptual mereka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304941

Actions (login required)

View Item View Item