Pengembangan handout digital berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi sets pada kegiatan menganalisis sifat cahaya dan penerapannya untuk siswa SMP / Ellaisyah Mutiara Hadi</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan handout digital berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi sets pada kegiatan menganalisis sifat cahaya dan penerapannya untuk siswa SMP / Ellaisyah Mutiara Hadi</p>

Hadi, Ellaisyah Mutiara (2022) Pengembangan handout digital berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi sets pada kegiatan menganalisis sifat cahaya dan penerapannya untuk siswa SMP / Ellaisyah Mutiara Hadi</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu upaya meningkatkan mutu pendidikan dapat dilakukan dengan inovasi pembelajaran yang memanfaatkan perkembangan teknologi informasi. Oleh karena itu penelitian pengembangan ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar IPA berupa handout digital berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi SETS (science environment technology and society) pada kegiatan menganalisis sifat cahaya dan penerapannya untuk siswa SMP kelas VIII yang valid dan praktis. Metode penelitian yang digunakan yaitu model 4-D oleh Thiagarajan yang dilakukan sampai tahap pengembangan (develop). Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan wawancara dan angket. Wawancara dilakukan pada guru dan siswa angket validasi khusus dan umum oleh dosen ahli dan angket kepraktisan oleh guru dan siswa kelas VIII SMPN 15 Malang Jawa Timur. Persentase validasi khusus sebesar 95 12% dengan kategori sangat valid dan validasi umum sebesar 82 49% dengan kategori sangat valid. Bahan ajar ini juga dikategorikan sangat praktis oleh pengguna (guru dan siswa) diperoleh persentase kepraktisan guru sebesar 90 74% dengan kategori sangat praktis dan kepraktisan oleh siswa sebesar 95 43% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa handout digital untuk kegiatan menganalisis penerapan sifat cahaya pada penglihatan manusia dinyatakan valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304940

Actions (login required)

View Item View Item