Pengembangan lembar kerja siswa berbasis problem based learning pada materi pencemaran lingkungan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis / Sadina Fakhira</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan lembar kerja siswa berbasis problem based learning pada materi pencemaran lingkungan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis / Sadina Fakhira</p>

Fakhira, Sadina (2022) Pengembangan lembar kerja siswa berbasis problem based learning pada materi pencemaran lingkungan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis / Sadina Fakhira</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berpikir kritis merupakan keterampilan yang penting bagi siswa pada abad 21. Indonesia memiliki kemampuan berpikir kritis yang tergolong rendah. Hal tersebut berdasarkan hasil programme for international Student assesment (PISA) 2018 Indonesia mengalami penurunan peringkat sehinga diperlukan media pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa berbasis Problem Based Learning untuk menignkatkan kemampuan berpikir kritis pada materi pencemaran lingkungan dengan kriteria valid praktis dan efektif. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE analyze design develope implement evaluate. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara angket dan tes uji kemampuan siswa. Instumen pengumpulan data yang digunakan yaitu pedoman wawancara kevalidan dengan lembar validasi materi dan media kepaktisan dengan instrumen respons siswa dan guru dan keefektifan dengan soal pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan teknik perhtiungan persentase uji validitas uji reliabilitas uji normalitas uji wilcoxon dan uji N-Gain. Hasil validasi materi dan validasi media diperoleh skor rata-rata 92 71% dan 85 28% dengan kriteria sangat valid. Hasil uji kepraktisan menunjukkan hasil praktisi rata-rata oleh guru 96 99% dan oleh siswa 94 91% dengan rata-rata keseluruhan 95 95% dinyatakan sangat praktis. Hasil uji efektivitas mendapatkan hasil 0 6 dengan kriteria sedang. Sehingga penelitian ini telah menunjukkan bahwa Lembar Kerja Siswa model Problem Based Learning pada materi pencemaran lingkungan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik valid praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304939

Actions (login required)

View Item View Item