Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi pencemaran lingkungan / Abiana Elfarabi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi pencemaran lingkungan / Abiana Elfarabi

Elfarabi, Abiana (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi pencemaran lingkungan / Abiana Elfarabi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi pencemaran lingkungan yang valid dan layak. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan atau Research and Development (R amp D) dengan model ADDIE yaitu Analyze Design Develop Implement dan Evaluate. Data yang didapatkan pada penelitian ini berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif didapatkan dari hasil validasi media balidasi materi skor hasil penilaian kepraktisan dan skor hasil keterbacaan LKPD. Data kualitatif didapatkan dari hasil wawancara pendidik hasil studi kepustakaan yang relevan saran dan komentar yang diberikan oleh validator pendidik dan peserta didik. Hasil validasi materi dan media oleh validator diperoleh rata-rata skor sebesar 98 8 % dan 100% yang termasuk dalam kategori sangat valid. H asil uji kepraktisan oleh pendidik diperoleh rata-rata skor sebesar 95 7% yang termasuk dalam kategori sangat praktis. Sementara itu hasil uji keterbacaan media oleh peserta didik diperoleh rata-rata skor sebesar 87% yang termasuk dalam kategori sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dinyatakan bahwa media LKPD berbasis PBL dapat diimplementasikan pada pembelajaran IPA tingkat SMP materi pencemaran lingkungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2022 04:29
Last Modified: 18 Mar 2024 07:25
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304936

Actions (login required)

View Item View Item