Pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning dan r2l terhadap kemampuan literasi sains dan hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi / Gadis Yunita Berliana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning dan r2l terhadap kemampuan literasi sains dan hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi / Gadis Yunita Berliana

Berliana, Gadis Yunita (2022) Pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning dan r2l terhadap kemampuan literasi sains dan hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi / Gadis Yunita Berliana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan model discovery learning dan R2L terhadap kemampuan literasi sains dan hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu SMP Islam di kota Malang yang melibatkan 29 siswa kelas VIII. Metode yang digunakan eksperimen dengan desain penelitian pre-experimental jenis one group pretest-postest. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa berupa lembar wawancara lembar validasi perangkat pembelajaran lembar validasi soal soal pretest posttest dan LKPD. Data dianalisis dengan menggunakan uji statistic non parametrik (uji Wilcoxon) n-gain serta d-effect size. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan pada kemampuan literasi sains dan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai n gain sebesar 0 58 (medium atas) dan 0 77 (tinggi). Penerapan model discovery learning dan R2L berdampak positif kuat/efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi sains dan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai d effect size sebesar 2 13 dan 3 28 termasuk kategori large effect.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2022 04:29
Last Modified: 27 Mar 2024 06:29
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304934

Actions (login required)

View Item View Item