Formative feedback berbasis soal pilihan ganda isomorfik pada topik asas black untuk siswa SMP / Silvi Nur Rahayu</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Formative feedback berbasis soal pilihan ganda isomorfik pada topik asas black untuk siswa SMP / Silvi Nur Rahayu</p>

Rahayu, Silvi Nur (2022) Formative feedback berbasis soal pilihan ganda isomorfik pada topik asas black untuk siswa SMP / Silvi Nur Rahayu</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Siswa sering mengalami miskonsepsi dalam materi yang sulit seperti materi Asas Black. Penggunaan formative feedback dalam pembelajaran dapat dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan formative feedback berbasis soal pilihan ganda isomorfik pada topik Asas Black. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R amp D) dengan model analysis design development implementation and evaluation (ADDIE). Penelitian melibatkan seorang Dosen seorang Guru IPA dan 40 siswa SMP. Instrumen penelitian meliputi lembar validitas lembar kepraktisan siswa dan pedoman wawancara. Penelitian menghasilkan produk formative feedback berbentuk soal pilihan ganda isomorfik pada materi Asas Black untuk membantu meningkatkan pemahaman konsep siswa. Feedback berupa video yang disajikan berisi animasi dan audio yang menjelaskan mengenai konsep dasar Asas Black. Feedback dilengkapi dengan gambar contoh dalam kehidupan sehari-hari beserta cara perhitungan yang dilakukan pada materi Asas Black. Feedback juga didukung dengan pertanyaan yang berkaitan dengan materi. Feedback dilengkapi lagu untuk mengurangi rasa jenuh siswa ketika belajar. Hasil uji validasi yaitu 89 82% (sangat valid). Hasil uji kepraktisan yaitu 96 33% (sangat layak). Hasil uji efektivitas terbatas juga menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan formative feedback memperoleh pemahaman konsep lebih baik dibandingkan sebelum menggunakan formative feedback.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304932

Actions (login required)

View Item View Item