Rofik, Fifi Suaidatur (2022) Pengaruh lkpd berbasis problem based learning terintegrasi stem terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis pada materi cahaya dan alat optik / Fifi Suaidatur Rofik</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan guna menyelidiki pengaruh LKPD dengan model Problem Based Learning terintegrasi pendekatan STEM pada materi cahaya dan optik terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas VIII SMPN 1 Kepanjen. LKPD dikembangkan dengan model 4D dari Thiagarajan (1974). Penelitian ini termasuk pre-experimental design dengan one-group pretest-posttest. Sampel penelitian ditentukan dengan metode purposive sampling dengan kelas VIII F menjadi kelas eksperimen. Instrumen penelitian terdiri dari soal tes dan angket. Data dari penelitian ini yaitu hasil angket validasi angket keterbacaan dan nilai pretest-posttest. Hasil uji paired sample t-test diperoleh bahwa ada perbedaan yang signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik sebelum dan setelah pembelajaran dengan LKPD berbasis Problem Based Learning terintegrasi STEM. Didukung dengan N-Gain score sebesar 48 14% artinya LKPD yang disusun cukup efektif guna meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Jul 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/304931 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |