Pengembangan media pembelajaran berbantuan augmented reality pada topik fotosintesis untuk siswa SMP kelas vii / Dinas Iriandana</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbantuan augmented reality pada topik fotosintesis untuk siswa SMP kelas vii / Dinas Iriandana</p>

Iriandana, Dinas (2021) Pengembangan media pembelajaran berbantuan augmented reality pada topik fotosintesis untuk siswa SMP kelas vii / Dinas Iriandana</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Guru memiliki peranan penting dalam dunia pendidikan karena bertugas untuk mengarahkan dan membimbing siswa pada kegiatan belajar mengajar. Proses pembelajaran membutuhkan media pembelajaran untuk membantu kegiatan belajar-mengajar. Media pembelajaran yang mengkolaborasikan antara media cetak dengan dunia teknologi adalah media pembelajaran berbasis augmented reality. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain dan mengembangkan media pembelajaran berbantuan Augmented Reality pada topik fotosintesis untuk siswa SMP kelas VII. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development (RnD). Dalam penelitian pengembangan media pembelajaran ini menggunakan model penelitian dan pengembangan Borg amp Gall yang memiliki 10 (sepuluh) langkah dalam tahapan pengembangan. Namun tahapan yang akan dilakukan pada penelitian ini akan dibatasi hanya sampai merevisi hasil uji coba. Tahapan tersebut meliputi (1) Penelitian dan pengumpulan informasi (Research and information collection (2) Perencaan (Planning) (3) Pengembangan draf produk (Develop preliminary from of product (4) Uji coba lapangan awal (Preliminary field testing) (5) Merevisi hasil uji coba (Main product revision). Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan media pembelajaran berbantuan augmented reality pada topik fotosintesis untuk siswa SMP kelas VII yang berupa buku pendamping dan aplikasi ldquo CESAR rdquo augmented reality. Hasil penelitian yang didapatkan dari pengembangan media ini adalah sangat valid dibuktikan dengan tahapan uji validasi materi persentase yang diperoleh sebesar 100% dan tahapan uji validasi media persentase yang diperoleh sebesar 93 5%. Dari hasil penelitian tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa media pembelajaran berbasis augmented reality layak didesain dan dikembangkan untuk topik fotosintesis pada siswa SMP kelas VII.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304927

Actions (login required)

View Item View Item