Pengembangan perangkat pembelajaran ipa berbasis search, solve, create, and share (sscs) untuk melatih ketrampilan proses sains siswa smp pada materi pencemaran lingkungan / Amri Yahya</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran ipa berbasis search, solve, create, and share (sscs) untuk melatih ketrampilan proses sains siswa smp pada materi pencemaran lingkungan / Amri Yahya</p>

Yahya, Amri (2021) Pengembangan perangkat pembelajaran ipa berbasis search, solve, create, and share (sscs) untuk melatih ketrampilan proses sains siswa smp pada materi pencemaran lingkungan / Amri Yahya</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran IPA berbasis Solve Search Create and Share (SSCS) untuk melatih ketrampilan proses sains siswa. Perangkat tersebut meliputi silabus RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) bahan ajar/handout LKS (Lembar Kerja Siswa) serta instrumen penilaian kognitif afektif dan psikomotorik. Perangkat ini dikembangkan menggunakan desains penelitian model 4-D yang diadaptasi dari Thiagarajan (1974) meliputi tahap (1) Define (Pendefinisian) (2) Design (Perancangan) (3) Develop (pengembangan). Hasil penelitain ini menunjukan 1) validitas perangkat pebelajaran berada pada kriteria sangat layak dengan nilai persentase sebesar 91% 2) kepraktisan perangkat pembelajaran oleh guru IPA berada pada kriteria sangat layak dengan nilai persentase sebesar 93% dan 3) kepraktisan perangkat pembelajaran oleh siswa berada pada kriteria sangat layak dengan nilai persentase sebesar 94.5%. Hal ini menunjukan bahwasanya perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian telah memenuhi kriteria sangat layak untuk diimplementasikan dalam kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304926

Actions (login required)

View Item View Item