Pengembangan instrumen asesmen autentik portofolio untuk kegiatan menganalisis pencemaran lingkungan / Aprilia Putri Mandira - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan instrumen asesmen autentik portofolio untuk kegiatan menganalisis pencemaran lingkungan / Aprilia Putri Mandira

Mandira, Aprilia Putri (2021) Pengembangan instrumen asesmen autentik portofolio untuk kegiatan menganalisis pencemaran lingkungan / Aprilia Putri Mandira. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam pada hakikatnya dapat diklasifikasikan menjadi tiga bagian yakni sebagai produk proses dan sikap. Ketiga bagian tersebut memiliki sifat saling berkaitan satu dengan yang lain sehingga proses pembelajaran IPA sudah seharusnya mengandung ketiga bagian tersebut. Sejalan dengan hal tersebut secara eksplisit Kurikulum 2013 meminta guru untuk melakukan penilaian secara seimbang pada tiga ranah yaitu afektif kognitif maupun psikomotor sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai. Jenis penilaian yang memiliki relevansi yang kuat dengan tuntutan Kurikulum 2013 adalah penilaian autentik (authentic assessment). Hal ini sejalan dengan isi dari PERMENDIKBUD Nomor 22 Tahun 2016 yang menghendaki bahwa penilaian pembelajaran menggunakan pendekatan penilaian autentik. Namun hasil wawancara kepada guru mata pelajaran IPA di Malang menunjukkan bahwa sebagian besar dari mereka masih melakukan penilaian berupa tes tertulis saja. Sebagian besar guru menyatakan bahwa penilaian pada ranah sikap dan keterampilan tidak dilakukan kalaupun dilakukan penilaian hanya secara kondisional dan tanpa menggunakan instrumen dan rubrik penilaian. Solusi yang diberikan oleh peneliti adalah mengembangkan instrumen asesmen autentik berupa penilaian portofolio yang dapat membantu guru dalam melakukan penilaian secara autentik pada mata pelajaran IPA materi pencemaran lingkungan. Pembaharuan dilakukan pada instrumen asesmen autentik portofolio untuk KD 3.8 serta KD 4.8 dengan memanfatkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang telah dikerjakan oleh siswa sebagai bahan penilaian autentik berbentuk portofolio. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dikembangkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang dapat membantu siswa dalam proses menganalisis melalui permasalahan secara nyata yang telah disajikan dalam LKPD. Sehingga guru dapat secara efisien dan praktis dalam melakukan penilaian pada aspek pengetahuan maupun keterampilan siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian Research and Development (Penelitian dan Pengembangan). Model penelitian yang digunakan adalah pengembangan Four-D Model (4D) oleh dengan hanya menggunakan tiga tahapan saja yakni tahap define (pendefinisian) tahap design (perancangan) dan tahap develop (pengembangan). Instrumen asesmen autentik portofolio yang telah dikembangkan diuji menggunakan uji validasi dan uji kepraktisan untuk mengetahui kevalidan dan kelayakan produk. Berdasarkan hasil dari kedua uji tersebut diperoleh rata-rata akhir persentase keseluruhan adalah sebesar 96.49% dengan kriteria sangat layak. Hasil tersebut menunjukkan bahwa produk pengembangan instrumen asesmen autentik portofolio untuk kegiatan menganalisis pencemaran lingkungan sangat layak untuk digunakan oleh guru maupun siswa dalam kegiatan pembelajaran pada materi pencemaran lingkungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304925

Actions (login required)

View Item View Item