Pengembangan media pembelajaran board game monopoly fun game terintegrasi Augmented Reality (AR) pada materi klasifikasi makhluk hidup / Oktarista Yusi Pangestuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran board game monopoly fun game terintegrasi Augmented Reality (AR) pada materi klasifikasi makhluk hidup / Oktarista Yusi Pangestuti

Pangestuti, Oktarista Yusi (2021) Pengembangan media pembelajaran board game monopoly fun game terintegrasi Augmented Reality (AR) pada materi klasifikasi makhluk hidup / Oktarista Yusi Pangestuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Media pembelajaran adalah alat-alat dan bahan yang digunakan untuk menyampaikan pesan pembelajaran media ini diharapkan dapat memfasilitasi belajar siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pentingnya pengembangan media Monopoly Fun Game Terintegrasi Augmented Reality untuk mengatasi permasalahan pada materi klasfikasi makhluk hidup yang memiliki tingkat kesulitan tinggi dan ruang lingkup yang luas kesulitan yang dirasakan oleh siswa yaitu kesulitan dalam menentukan kunci determinasi sederhana mengelompokkan makhluk hidup serta menghafal nama latin. Sesuai dengan karakteristik integrative science yaitu menarik dan berkaitan degan kehidupan nyata maka menggunakan media integrasi dengan Augmented Reality dapat memperjelas organisme mikroskopis juga menampilkan organisme dengan ukuran yang besar berbantuan Augmented Reality (AR). Kelebihan media pembelajaran Monopoly Fun Game sesuai dengan kondisi siswa yang kesehariannya masih gemar bermain. Bagi siswa penggunaan media monopoli yang menyenangkan membuat atmosfer pembelajaran menjadi lebih menarik. Tujuan pengembangan ini dapat membuat media pembelajaran yang layak digunakan oleh siswa SMP. Model pengembangan media pembelajaran monopoli menggunakan model Lee Owens dengan tahap yaitu (1) assessment/analysis (penilaian/analisis) berupa need assessment (analisis kebutuhan) dan front-end analysis (analisis awal akhir) (2) design (desain) (3) development (pengembangan). Hasil penelitian ini berupa monopoli terintegrasi Augmented Reality pada materi klasifikasi makhluk hidup yang terdiri dari aplikasi monopoli monopoli dan buku petunjuk penggunaan. Hasil validasi materi sebesar 95 4% dan 87 5% validasi media. Serta hasil dari uji kelayakan guru sebesar 89 7% dan uji keterbacaan siswa sebesar 89 3%. Hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa media monopoli valid dan layak digunakan oleh siswa. Dapat disimpulkan bahwa media monopoli terintegrasi Augmented Reality pada materi klasifikasi makhluk hidup yang dikembangkan dinyatakan sangat layak digunakan. Kata Kunci Media Pembelajaran Monopoli Augmented Reality Klasifikasi Makhluk HidupMedia pembelajaran adalah alat-alat dan bahan yang digunakan untuk menyampaikan pesan pembelajaran media ini diharapkan dapat memfasilitasi belajar siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pentingnya pengembangan media Monopoly Fun Game Terintegrasi Augmented Reality untuk mengatasi permasalahan pada materi klasfikasi makhluk hidup yang memiliki tingkat kesulitan tinggi dan ruang lingkup yang luas kesulitan yang dirasakan oleh siswa yaitu kesulitan dalam menentukan kunci determinasi sederhana mengelompokkan makhluk hidup serta menghafal nama latin. Sesuai dengan karakteristik integrative science yaitu menarik dan berkaitan degan kehidupan nyata maka menggunakan media integrasi dengan Augmented Reality dapat memperjelas organisme mikroskopis juga menampilkan organisme dengan ukuran yang besar berbantuan Augmented Reality (AR). Kelebihan media pembelajaran Monopoly Fun Game sesuai dengan kondisi siswa yang kesehariannya masih gemar bermain. Bagi siswa penggunaan media monopoli yang menyenangkan membuat atmosfer pembelajaran menjadi lebih menarik. Tujuan pengembangan ini dapat membuat media pembelajaran yang layak digunakan oleh siswa SMP. Model pengembangan media pembelajaran monopoli menggunakan model Lee Owens dengan tahap yaitu (1) assessment/analysis (penilaian/analisis) berupa need assessment (analisis kebutuhan) dan front-end analysis (analisis awal akhir) (2) design (desain) (3) development (pengembangan). Hasil penelitian ini berupa monopoli terintegrasi Augmented Reality pada materi klasifikasi makhluk hidup yang terdiri dari aplikasi monopoli monopoli dan buku petunjuk penggunaan. Hasil validasi materi sebesar 95 4% dan 87 5% validasi media. Serta hasil dari uji kelayakan guru sebesar 89 7% dan uji keterbacaan siswa sebesar 89 3%. Hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa media monopoli valid dan layak digunakan oleh siswa. Dapat disimpulkan bahwa media monopoli terintegrasi Augmented Reality pada materi klasifikasi makhluk hidup yang dikembangkan dinyatakan sangat layak digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304923

Actions (login required)

View Item View Item