Pengembangan bahan ajar konsep pengukuran berbasis explicit scientific inquiry instruction (esii) yang berorientasi berpikir kritis / Amalia Nur Safitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar konsep pengukuran berbasis explicit scientific inquiry instruction (esii) yang berorientasi berpikir kritis / Amalia Nur Safitri

Safitri, Amalia Nur (2021) Pengembangan bahan ajar konsep pengukuran berbasis explicit scientific inquiry instruction (esii) yang berorientasi berpikir kritis / Amalia Nur Safitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan bahan ajar berbasis Explicit Scientific Inquiry Instruction (ESII) materi pengukuran untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa yang valid menurut penilaian ahli dan terbaca menurut penilaian siswa. Pengembangan bahan ajar ini menerapkan model penelitian Borg and Gall yang mencakup langkah-langkah (1) kajian dan pencarian informasi awal (2) perencanaan (3) pengembangan desain awal produk (4) uji coba produk awal (5) revisi produk awal (6) uji produk di lapangan (7) revisi produk (8 uji produk di lapangan akhir (9) revisi produk akhir dan (10) diseminasi dan implementasi. Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan sampai ke langkah ke 5 yaitu revisi produk awal. Penilaian validitas produk oleh dua orang ahli terdiri dari satu orang dosen pendidikan IPA dan satu guru pendidikan IPA SMPN 11 Kota Malang sedangkan penilaian keterbacaan produk dilakukan oleh 20 peserta didik SMPN 11 Kota Malang. Hasil analisis menunjukan bahwa content validity index (CVI) produk adalah 0.96 dengan kriteria istimewa dan index validitas keterbacaan produk adalah 0.98 dengan kriteria istimewa. Hasil ini menunjukkan bahwa produk bahan ajar hasil penelitian dan pengembangan ini layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Feb 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304920

Actions (login required)

View Item View Item