Putri, Jasmine Amanda (2021) Pengembangan multimedia interaktif animasi berbasis stem dengan feedback untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada materi gerak benda / Jasmine Amanda Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Perkembangan abad ke-21 menuntut siswa untuk memiliki kemampuan berpikir kreatif. Tetapi kemampuan berpikir kreatif siswa masih rendah. Sementara itu multimedia interaktif animasi berbasis STEM dengan feedback untuk membangun kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi benda masih jarang dikembangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan multimedia interaktif animasi berbasis STEM dengan feedback yang valid layak dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi gerak. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE dengan 5 tahapan yaitu Analysis Design Development Implementation dan Evaluation. Penelitian ini menggunakan dua instrument yaitu angket untuk validasi media dan substansi materi dan uji kelayakan media dan tes kemampuan berpikir kreatif materi gerak dengan reliabilitas 0.79 untuk uji efektivitas media. Validasi media dan substansi materi melibatkan seorang dosen dan seorang guru uji kelayakan media melibatkan 30 siswa yang pernah mempelajari materi gerak dan uji efektivitas media melibatkan 10 siswa yang belum pernah mempelajari materi gerak. Analisis data penelitian ini meliputi perhitungan persentase paired t-test dan N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk multimedia ini memperoleh validasi media 95.2% (sangat valid) validasi substansi materi 92.36% (sangat valid) dan uji kelayakan keterbacaan siswa 98.49% (sangat layak). Hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa skor posttest lebih tinggi secara signifikan daripada skor pretest dan dilengkapi dengan nilai peningkatan N-gain 0.72 (tinggi). Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dari yang tinggi ke rendah terjadi pada submateri berturut-turut hukum Newton gerak lurus dan gaya. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif animasi berbasis STEM dengan feedback ini sangat valid sangat layak dan efektif untuk memfasilitasi tumbuhnya kemampuan berpikir kreatif siswa kelas 8 pada materi gerak. Rekomendasi untuk penelitian mendatang adalah menambahkan aspek Art dan Religious dalam STEM approach dan formative assessment dalam media interaktif untuk membangun kemampuan berpikir kreatif siswa lebih baik lagi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Oct 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/304919 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |