Pengaruh model pembelajaran learning cycle 5e terhadap pemahaman konsep ipa siswa pada materi cahaya dan optik / Muhammad Nailul Falah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran learning cycle 5e terhadap pemahaman konsep ipa siswa pada materi cahaya dan optik / Muhammad Nailul Falah

Falah, Muhammad Nailul (2021) Pengaruh model pembelajaran learning cycle 5e terhadap pemahaman konsep ipa siswa pada materi cahaya dan optik / Muhammad Nailul Falah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tercapainya tujuan pembelajaran tergantung dengan model pembelajaran dan media yang digunakan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran model Learning Cycle 5E terhadap pemahaman konsep IPA siswa pada materi cahaya dan optik. Dikarenakan pandemic covid-19 masih belum selesai pembelajaran dilaksanakan secara online. Untuk mendukung pembelajaran online model pembelajaran learning cycle 5E dilengkapi dengan virtual laboratory. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 25 Malang kelas VIII tahun pelajaran 2020/2021 pada materi cahaya dan optik. Penelitian ini menggunakan metode quasy experiment dengan desain penelitian control group pretest and posttest desain. Hasil dari penganalisan data menggunakan uji-t one tailed dengan 0 05 nilai thitung adalah 1 8355 dan nilai ttabel adalah 1 671. Jadi nilai thitung gt ttabel sehingga menyatakan bahwa siswa pada kelas eksperimen memiliki nilai pemahaman konsep yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Berdasarkan penelitian yang yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran model learning cycle 5E yang telah digunakan serta dikembangkan oleh guru pada pembelajaran online untuk membuat pemahaman konsep IPA siswa menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304918

Actions (login required)

View Item View Item