Romadhona, Virna Farida (2021) Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas viii SMP Negeri 9 Malang materi tekanan zat / Virna Farida Romadhona. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Romadhona Virna Farida. 2020. Pengaruh positif Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VIII SMPN 9 Malang Materi Tekanan Zat. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Munzil M.Si. (II) Yessi Affriyenni S. Pd. M.Sc. Kata Kunci Model Inkuiri Terbimbing Hasil Belajar Kognitif SMPN 9 Malang telah memberlakukan kurikulum 2013 namun guru mengajarkan materi pada siswa dengan cara konvensional dan minim praktikum di laboratorium. Pembelajaran konvensional membuat guru mendominasi dalam pembelajaran dan akibatnya siswa kurang terlibat aktif dalam pemecahan masalah. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa adalah model inkuiri terbimbing. Model inkuiri terbimbing merupakan metode pembelajaran yang mengharuskan siswa mencari konsep dari pelajaran itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi tekanan zat di SMPN 9 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen kuasi pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 9 Malang sedangkan sampel pada penelitian ini adalah kelas 8C dan kelas 8D. Kelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran inkuiri terbimbing sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran konvensional. Instrumen pengukuran yang digunakan pada penelitian ini terdiri atas tes pilihan ganda. Tes hasil belajar kognitif konsep tekanan zat divalidasi ahli empiris dan reliabilitas. Uji validitas empiris menggunakan rumus pearson correlation bivariate dengan taraf signifikansi 0 05. Uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20 dengan tingkat reliabilitas r 0 7. Data hasil tes hasil belajar kognitif dianalisis menggunakan uji normalitas dengan uji Kolmogorov Smirnov uji homogenitas menggunakan uji Barlett uji hipotesis menggunakan Independent sample t-test. Hasil uji menunjukkan bahwa kelas eksperimen (0 107) dan kelas kontrol (0 090) memiliki data yang terdistribusi secara normal. Hasil uji homogenitas (0 092) menunjukkan bahwa data bervariasi homogen. Hasil uji hipotesis (6 510) yang berarti bahwa model inkuiri terbimbing memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar kognitif siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Oct 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/304915 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |