Pengembangan bahan ajar berbasis project based learning pada kegiatan menerapkan konsep bioteknologi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa / Elviani Masfiatur Rosyida - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbasis project based learning pada kegiatan menerapkan konsep bioteknologi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa / Elviani Masfiatur Rosyida

Rosyida, Elviani Masfiatur (2022) Pengembangan bahan ajar berbasis project based learning pada kegiatan menerapkan konsep bioteknologi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa / Elviani Masfiatur Rosyida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis project-based learning pada kegiatan menerapkan konsep bioteknologi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa yang layak pakai. Berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu guru IPA di SMPN 1 Karangploso pada saat penyampaian materi bioteknologi guru menggunakan metode praktik. Namun bahan ajar yang digunakan belum menggunakan model pembelajaran. Pengembangan ini menerapkan model ADDIE (Analysis Designs Development Implementation Evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara guru instrumen validasi khusus dan umum angket kepraktisan. Validitas bahan ajar dilakukan oleh salah satu dosen pendidikan IPA sedangkan uji kepraktisan dilakukan oleh guru dan 30 siswa SMPN 1 Karangploso. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa bahan ajar sangat valid dengan persentase untuk indikator kesesuaian dengan sintaks PjBL untuk indikator kesesuaian dengan kegiatan menganalisis untuk indikator potensi peningkatan kemampuan berpikir kritis untuk indikator kebenaran konsep untuk indikator indikator kesesuaian grafis untuk indikator ketepatan bahasa berturut-turut adalah 82 6% 85% 100% 100% 100% dan 75%. Sedangkan hasil kepraktisan menunjukkan bahwa bahan ajar sangat praktis dengan persentase kepraktisan guru dan kepraktisan siswa masing-masing sebesar 100% dan 93 8%. Hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan sangat valid dan praktis sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi bioteknologi konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304912

Actions (login required)

View Item View Item