Pengembangan bahan ajar berbasis explicit scientific inquiry instruction ( esii ) pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya yang berorientasi kemampuan berpikir kritis siswa kelas vii / Aulia Zaldiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbasis explicit scientific inquiry instruction ( esii ) pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya yang berorientasi kemampuan berpikir kritis siswa kelas vii / Aulia Zaldiana

Zaldiana, Aulia (2021) Pengembangan bahan ajar berbasis explicit scientific inquiry instruction ( esii ) pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya yang berorientasi kemampuan berpikir kritis siswa kelas vii / Aulia Zaldiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Urgensi keterampilan abad 21 yang perlu dimiliki siswa sebagai bekal kehidupan kelak salah satunya adalah berpikir kritis sebagaimana pada kebijakan Kurikulum 2013 yang dicanangkan. Kurangnya pengaplikasian pembelajaran IPA secara kontekstual menyebabkan keterampilan berpikir kritis siswa kurang dilatih karena pembelajaran cenderung berpusat pada guru. Sehingga kegiatan seperti kerjasama dalam kelompok dan berkomunikasi masih kurang dilakukan. Dibutuhkan suatu bahan pembelajaran guna membahas suatu materi dengan kompetensi yang ditetapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kelayakan dan keterbacaan terhadap bahan ajar berbasis Explicit Scientific Inquiry Instruction (ESII) materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya yang dikembangkan. Jenis penelitian ini merupakan Research and Development menggunakan model pengembangan ADDIE meliputi tahap analisis perencanaan pengembangan implementasi dan evaluasi. Data kuantitatif diperoleh dari skor penilaian validator dan responden sedangkan data kualitatif berupa komentar dan saran dari validator. Hasil uji kelayakan menghasilkan persentase berturut-turut sebesar 83 59% 95 50% dan 95 70% dari ketiga validator sehingga bahan ajar dikategorikan sangat layak dengan persentase rerata sebesar 91 60%. Hasil uji keterbacaan yang diujikan kepada siswa kelas VIII mendapatkan persentase sebesar 83 50% dengan kategori sangat baik. Respons positif diperoleh dari siswa karena sebanyak 57 6% dari 33 siswa mengatakan jika bahan ajar berbasis ESII sangat baik dan 42 4% siswa mengatakan baik untuk digunakan dalam pembelajaran Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304910

Actions (login required)

View Item View Item