Pengembangan media laboratorium virtual dengan pendekatan stem yang dilengkapi feedback untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada konsep asam basa / Dewi Rina Trisnaningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media laboratorium virtual dengan pendekatan stem yang dilengkapi feedback untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada konsep asam basa / Dewi Rina Trisnaningsih

Trisnaningsih, Dewi Rina (2021) Pengembangan media laboratorium virtual dengan pendekatan stem yang dilengkapi feedback untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada konsep asam basa / Dewi Rina Trisnaningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berpikir kritis merupakan kemampuan yang sangat penting bagi siswa. Walaupun demikian kemampuan berpikir kritis siswa pada konsep asam basa masih sangat rendah. Sementara itu pengembangan media laboratorium virtual berbasis pendekatan STEM serta dilengkapi feedback dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada konsep asam basa masih jarang dikembangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk pengembangan berupa media laboratorium virtual dengan pendekatan STEM serta dilengkapi feedback yang layak untuk diterapkan dalam pembelajaran serta berpeluang dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada konsep asam basa. Penelitian ini mengadaptasi model ADDIE menurut Lee dan Owens (2004) yang terdiri dari (1) penilaian/analisis yang terdiri dari analisis kebutuhan dan analisis awal-akhir (2) desain dan (3) pengembangan. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari angket wawancara lembar validasi kelayakan media kelayakan materi angket kebenaran konsep dan angket uji keterbacaan. Ahli media dan ahli materi yang dilibatkan merupakan seorang guru dan dosen serta 33 siswa sebagai responden untuk uji keterbacaan. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan teknik analisis rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk aplikasi laboratorium virtual buku petunjuk dan buku pembahasan memperoleh persentase 89% untuk kelayakan media 85% untuk kelayakan materi dan 100% untuk kebenaran konsep sehingga dapat dikategorikan sangat layak. Disamping itu uji keterbacaan media oleh siswa memperoleh hasil persentase 81% dengan kategori sangat baik. Oleh karena itu produk media laboratorium virtual ini sangat layak untuk diterapkan dalam pembelajaran serta berpeluang dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada konsep asam basa. Direkomendasikan penelitian mendatang dapat menerapkan produk ini dalam pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304909

Actions (login required)

View Item View Item