Pengembangan media pembelajaran virtual reality berbasis millealab pada materi tata surya / Arimbi Tricahyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran virtual reality berbasis millealab pada materi tata surya / Arimbi Tricahyani

Tricahyani, Arimbi (2021) Pengembangan media pembelajaran virtual reality berbasis millealab pada materi tata surya / Arimbi Tricahyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan serta menguji kelayakan dan kepraktisan media VR berbasis Millealab pada materi tata surya. Media yang dikembangkan tersebut berupa media virtual yang mencakup aspek 3 dimensi berbasis aplikasi dan smartphone yang sesuai dengan kebutuhan materi tata surya dan keinginan siswa di era revolusi industri 4.0. VR sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan keterlibatan siswa. Model yang digunakan adalah ADDIE dengan tahapan (1) Analisis (2) Perancangan (3) Pengembangan (4) Implementasi (5) Evaluasi. Instrumen yang digunakan berupa instrumen wawancara angket validasi materi angket validasi media angket kelayakan oleh prakrisi lapangan dan angket respon siswa. Dihasilkan media dengan presentase kelayakan media dan materi sebesar 93 25% yang tergolong sangat layak presentase kelayakan oleh praktisi lapangan sebesar 94 63% yang tergolong sangat layak dan presentase kepraktisan oleh siswa 81% yang tergolong praktis. Sehingga media pembelajaran VR berbasis Millealab pada materi tata surya yang dikembangan sangat layak dan praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada materi tata surya. Penggunaan media ini memiliki keunggulan berupa dapat diakses dengan tampilan VR dan 360 sehingga dapat dinikmati pengguna jika tidak memiliki kacamata VR.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304908

Actions (login required)

View Item View Item