Pengembangan media pembelajaran berbasis 3d hologram pada materi sistem tata surya / putri dwi rahmasari m - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis 3d hologram pada materi sistem tata surya / putri dwi rahmasari m

M, Putri Dwi Rahmasari (2021) Pengembangan media pembelajaran berbasis 3d hologram pada materi sistem tata surya / putri dwi rahmasari m. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa media pembelajaran 3D Hologram pada materi Sistem Tata Surya yang layak digunakan. Selain itu juga untuk menghasilkan buku penunjang untuk membantu peserta didik dalam memahami materi dengan lebih mudah. Pelaksanaan penelitian ini didasarkan atas kekurangan media pembelajaran yang digunakan guru sehingga motivasi siswa dalam belajar juga kurang selain itu juga didasarkan pada pentingnya peran media dalam sebuah pembelajaran. Jenis penelitian yang diterapkan adalah Research and Development dengan model penelitian ADDIE (Analysis Designs Development Implementation Evaluation) subjek dalam penelitian ini adalah media pembelajaran berupa KIT hologram dan buku penunjang salah satu dosen Pendidikan IPA sebagai ahli materi ahli media dan ahli bahasa. Uji kelayakan dilakukan salah satu guru IPA SMP Negeri 16 Malang sedangkan uji keterbacaan oleh peserta didik kelas VIII dengan jumlah 27 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis validitas terhadap KIT hologram oleh ahli materi sebesar 76 87% ahli media sebesar 94 60% dan ahli bahasa sebesar 100% sedangkan pada buku penunjang oleh ahli materi sebesar 93 75% ahli media sebesar 96 73% dan ahli bahasa sebesar 96 88%. Hasil uji kelayakan media oleh guru IPA memperoleh hasil sangat layak untuk media yang dikembangkan dengan persentase KIT hologram sebesar 94 44% buku penunjang sebesar 91 07% dan kotak akrilik sebesar 91 67%. Untuk uji keterbacaan pada 27 siswa menyatakan bahwa persentase KIT hologram sebesar 81 56% buku penunjang sebesar 81 81% dan kotak akrilik sebesar 81 02%. Kesimpulan yang diperoleh yakni media pembelajaran berbasis 3D hologram layak digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304906

Actions (login required)

View Item View Item