Yusufa, Maulidya Listya (2021) Pengembangan bahan ajar interaktif berbasis ar dilengkapi model ibl-stem untuk meningkatkan literasi sains siswa SMP/MTS pada topik sistem peredaran darah manusia / Maulidya Listya Yusufa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembelajaran IPA Terpadu masih dianggap sulit terkait pemahaman konsep materi sistem peredaran darah manusia karena materi bersifat abstrak. Pemahaman konsep berkaitan dengan literasi sains. Tetapi literasi sains siswa pada materi sistem peredaran darah manusia masih terbilang di bawah rata-rata. Sementara itu bahan ajar interaktif berbentuk buku panduan belajar berbasis AR dilengkapi dengan model IBL dan diintegrasikan dengan STEM dalam pembelajaran masih sangat jarang diterapkan. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar interaktif dilengkapi model IBL-STEM guna membangun literasi sains siswa pada materi sistem peredaran darah manusia. Model penelitian yang digunakan adalah model 4D oleh Thiagarajan yang memuat 4 langkah (1) Define (2) Design (3) Develop (4) Diseminate. Penelitian ini menggunakan beberapa instrumen berupa angket diantaranya validasi materi validasi media dan uji keterbacaan siswa. Hasil validasi dari dosen dan guru sebagai validator ahli materi menunjukkan persentase sebesar 94% (kategori sangat layak). Hal tersebut didukung dengan tingginya skor yang diperoleh dari kesesuaian pembelajaran inkuiry dan kecakapan siswa dalam menentukan keterkaitan antara pengetahuan yang dimiliki dengan implementasi dalam sehari-hari terhadap isi buku yang mana merupakan tujuan dari pembelajaran IBL-STEM. Untuk hasil validasi media yang juga dinilai oleh dosen dan guru menunjukkan persentase sebesar 96% (kategori sangat layak). Untuk uji keterbacaan yang dilakukan oleh 30 siswa menunjukkan persentase sebesar 86% (kategori sangat baik). Maka dari itu bahan ajar interaktif berbasis AR dilengkapi model IBL-STEM tergolong dalam kategori sangat layak dan sangat baik sehingga dapat diimplementasikan pada pembelajaran kelas guna meningkatkan literasi sains siswa SMP/MTs pada materi sistem peredaran darah manusia. Direkomendasikan untuk penelitian mendatang agar menggunakan produk bahan ajar ini dalam pembelajaran yang sesungguhnya di dalam kelas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Aug 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/304905 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |