Nirmala, Titania Virda (2021) Pengembangan media interaktif berbantuan adobe flash \"biological forest\" pada materi struktur tumbuhan siswa kelas VIII SMP / Titania Virda Nirmala. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Dunia pendidikan di abad ke-21 merupakan masa pengetahuan (knowledge age) di mana pendidikan dituntut dalam menggunakan teknologi (Wijaya 2016). Ditambah lagi dengan pembelajaran daring pengajar SMP dituntut untuk dapat menerapkan teknologi guna menunjang sistem pembelajaran daring. Hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan kepada guru SMPN 6 Malang proses pembelajaran yang terjadi selama pandemi COVID-19 sudah mengalami dua kali pergantian sistem pembelajaran yaitu secara daring lalu yang terakhir dengan menggunakan sistem ganjil dan genap. Menurut guru mata pelajaran IPA motivasi belajar siswa kelas VIII mulai menurun dalam pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran IPA yang digunakan selama ini antara lain buku paket Power Point dan melalui video yang dikirimkan melalui Whatsapp group. Salah satu pemanfaatan teknologi dalam bidang pendidikan dapat menggunakan aplikasi bernama Biological Forest berbantuan aplikasi Adobe Flash versi 6 media pembelajaran ini berbentuk aplikasi yang dapat dibuka di smartphone Android. Aplikasi Biological Forest memiliki beberapa fitur seperti animasi gambar musik dan juga games pembelajaran tingkat SMP dengan materi struktur tumbuhan. Oleh karena itu tujuan penelitian ini supaya siswa SMP dapat belajar seperti bermain. Aplikasi Adobe Flash mempunyai keunggulan yaitu dapat mengimpor segala file dengan ukuran yang lebih kecil terbukti saat Adobe Flash dimanfaatkan untuk membuat suatu aplikasi yang sudah terpublish menjadi Biological forest memiliki kapasitas 21 2 MB. Data yang dikumpulkan meliputi data kualitatif berupa komentar dan saran validator dan data kuantitatif berupa skor hasil validasi ahli materi media dan keterbacaan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar uji validasi ahli materi ahli media guru dan uji keterbacaan. Teknik analisis data yakni analisis deskriptif. Setelah melakukan tahapan pemberian angket wawancara kepada siswa kelas VIII dan guru SMPN 6 Malang Guru dan siswa di SMPN 6 Malang menyatakan bahwa diperlukan media pembelajaran yang lebih inovatif dan interaktif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sebelumnya. Dengan menggunakan model pengembangan dari Lee Owens didapatkan hasil uji ahli media ahli materi guru dan uji keterbacaan. Dikatakan valid dengan data 75 89% yaitu pada ahli media dan dikatakan sangat valid dengan data validasi yaitu ahli materi 87 46% dan guru 98 03% sehingga dapat dikatakan pengembangan sudah layak digunakan. Kata kunci Biological Forest Adobe Flash Struktur Tumbuhan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/304904 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |