Formative feedback berbasis soal pilihan ganda isomorfik pada topik pembentukan bayangan pada cermin untuk siswa SMP / Nur Hidayati Rifa\'i - Repositori Universitas Negeri Malang

Formative feedback berbasis soal pilihan ganda isomorfik pada topik pembentukan bayangan pada cermin untuk siswa SMP / Nur Hidayati Rifa\'i

Rifa'i, Nur Hidayati (2021) Formative feedback berbasis soal pilihan ganda isomorfik pada topik pembentukan bayangan pada cermin untuk siswa SMP / Nur Hidayati Rifa\'i. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan formative feedback berbasis soal pilihan ganda isomorfik pada topik pembentukan bayangan pada cermin untuk siswa SMP serta dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development). Model penelitian yang digunakan adalah Analysis Design Develop Implementation and Evaluation (ADDIE). Pada penelitian ini dihasilkan formative feedback berbasis soal pilihan ganda isomorfik pada topik pembentukan bayangan pada cermin. Formative feedback memberikan balikan penjelasan berdasarkan jawaban yang diberikan oleh siswa. Formative feedback yang dikembangkan juga dinyatakan valid dan layak dengan validitas materi pada butir soal dan balikan sebesar 98 18% dan 96 25% serta validitas media sebesar 92 19%. Uji keterbacaan terhadap siswa dihasilkan bahwa 95.56% siswa setuju bahwa formative feedback ini dapat membantu siswa dalam belajar pembentukan bayangan pada cermin. Uji efektifitas juga menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan formative feedback memiliki pemahaman konsep yang lebih baik daripada siswa yang menggunakan media yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304903

Actions (login required)

View Item View Item