Pengembangan instrumen tes hasil belajar sistem ekskresi pada manusia untuk SMP/MTS kelas VIII / Safira Nur Sa\'adah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan instrumen tes hasil belajar sistem ekskresi pada manusia untuk SMP/MTS kelas VIII / Safira Nur Sa\'adah

Sa'adah, Safira Nur (2020) Pengembangan instrumen tes hasil belajar sistem ekskresi pada manusia untuk SMP/MTS kelas VIII / Safira Nur Sa\'adah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mata pelajaran IPA pada jenjang SMP mensyaratkan siswa untuk mengembangkan keterampilan berpikir. Namun instrumen penilaian yang digunakan dalam proses penilaian hanya terbatas untuk mengukur level kognitif C1 hingga C3. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes hasil belajar materi sistem ekskresi pada manusia yang valid dan reliabel. Penelitian ini menerapkan model pengembangan 3D yang merupakan modifikasi dari model 4D (define design develop disseminate). Pada tahap define dilakukan analisis awal akhir dengan melakukan wawancara kepada guru IPA analisis kompetensi dasar dan indikator serta analisis materi. KD yang digunakan untuk mengembangkan instrumen penilaian adalah KD 3.10 tentang struktur organ fungsi mekanisme dan upaya mengatasi gangguan pada sistem ekskresi manusia. Pada tahap design dilakukan penyusunan kisi-kisi soal naskah soal dan angket validasi. Untuk mengetahui kelayakan dan kualitas soal pada tahap develop dilakukan uji validasi kepada dosen ahli materi dan guru IPA serta uji coba kepada 43 peserta didik kelas VIII. Tingkat kelayakan dan kualitas instrumen penilaian dapat diketahui dengan melakukan analisis uji validasi ahli uji validitas butir soal dan uji reliabilitas. Analisis tingkat hasil belajar peserta didik dianalisis dengan cara menghitung persentase capaian mereka. Instrumen penilaian sistem ekskresi manusia hasil pengembangan terdiri atas 16 butir soal dengan pesentase validasi ahli yang diperoleh sebesar 89% uji validitas mencapai rentang 0 235-0 618 reliabilitas yang diperoleh sebesar 0 78 dengan interpretasi tinggi. Analisis hasil belajar peserta didik menunjukkan bahwa 27 91% mencapai hasil belajar kategori tinggi 32 56% peserta didik telah mencapai hasil belajar kategori sedang dan 39 53% peserta didik mencapai hasil belajar kategori rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304901

Actions (login required)

View Item View Item