Pengembangan perangkat pembelajaran berpendekatan saintifik berorientasi hots untuk meningkatkan kognitif siswa / Narinda Wahyu Marthasiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran berpendekatan saintifik berorientasi hots untuk meningkatkan kognitif siswa / Narinda Wahyu Marthasiwi

Marthasiwi, Narinda Wahyu (2021) Pengembangan perangkat pembelajaran berpendekatan saintifik berorientasi hots untuk meningkatkan kognitif siswa / Narinda Wahyu Marthasiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dengan semakin berkembang pesatnya dunia pendidikan pada abad 21 guru dituntut mampu mempersiapkan pembelajaran yang tepat. Pelaksanaan pembelajaran yang berkualitas tidak lepas dari perencanaan yang telah disusun. Penyusunan perencanaan pembelajaran tertuang di dalam perangkat pembelajaran yang disesuaikan dengan kondisi siswa dan sekolah. Melalui penelitian ini peneliti memiliki tujuan untuk menguji kevalidan dan kepraktisan perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa RPP dan LKPD berpendekatan saintifik berorientasi HOTS untuk meningkatkan kognitif siswa. Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan atau research and development (RnD) oleh Thiagarajan yang memiliki 4 tahapan yakni define design development dan dissemination. Produk RPP dan LKPD divalidasi oleh seorang validator ahli dari Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Malang seorang guru IPA selaku responden guru dan 18 siswa/i kelas VIII Semester 1 dari SMP Negeri 11 Malang. Hasil analisis validasi yang dihasilnya memeroleh persentase rata-rata sebesar 100% baik untuk produk perangkat pembelajaran berupa RPP maupun LKPD hasil uji kepraktisan oleh guru IPA selaku responden guru memeroleh persentase rata-rata sebesar 100% sedangkan uji kepraktisan oleh 18 siswa/i memeroleh persentase rata-rata 90 84%. Berdasarkan analisis data hasil uji validasi dan uji kepraktisan dihasilkan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan dapat digunakan sebagai bahan ajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304900

Actions (login required)

View Item View Item