Pengembangan perangkat pembelajaran ekosistem pemandian sumber ringin menggunakan model inkuiri terbimbing untuk kegiatan menganalisis interaksi makhluk hidup / Rahmatin Warda Nafisa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran ekosistem pemandian sumber ringin menggunakan model inkuiri terbimbing untuk kegiatan menganalisis interaksi makhluk hidup / Rahmatin Warda Nafisa

Nafisa, Rahmatin Warda (2020) Pengembangan perangkat pembelajaran ekosistem pemandian sumber ringin menggunakan model inkuiri terbimbing untuk kegiatan menganalisis interaksi makhluk hidup / Rahmatin Warda Nafisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Hasil analisis studi lapangan pada pembelajaran sekolah di SMP terutama di Kabupaten Malang Kecamatan Tumpang menunjukkan bahwa pembelajaran di kelas belum efektif karna berbagai unsur pembelajaran yang sesuai belum sesuai dengan standar pembelajaran saintifik. Pada pembelajaran hanya menggnakan media belajar buku saja tanpa adanya sumber belajar penunjang yang lain dan pembelajaran belum mengajarkan siswa untuk belajar dari pengalaman secara nyata. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperlukan perangkat pembelajaran yang dapat memfasilitasi siswa untuk belajar mandiri. Pengembangan kali ini bertujuan untuk membuat produk perangkat pembelajaran yang memanfaatkan sumber belajar dari alam disekitar siswa dan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing yang melatih sikap berpikir tingkat tinggi siswa. Kearifan lokal yang digunakan yaitu ekosistem Wisata Pemandian Sumber Ringin Tumpang Malang. Perangkat pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan sekitar siswa mendukung kemampuan siswa meningkat kegiatan menganalisis dan berpikir tingkat tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304891

Actions (login required)

View Item View Item