Pengembangan edukit IPA terintegrasi mobile application pada tema getaran dan gelombang untuk melatih keterampilan problem solving / Dzakiyya \'Alya\' Maharani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan edukit IPA terintegrasi mobile application pada tema getaran dan gelombang untuk melatih keterampilan problem solving / Dzakiyya \'Alya\' Maharani

Maharani, Dzakiyya 'Alya' (2020) Pengembangan edukit IPA terintegrasi mobile application pada tema getaran dan gelombang untuk melatih keterampilan problem solving / Dzakiyya \'Alya\' Maharani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan teknologi memberikan banyak dampak positif dalam berbagai bidang salah satunya adalah di bidang pendidikan. Kurikulum disusun sesuai dengan perkembangan teknologi di siswa dilibatkan secara aktif selama kegiatan pembelajaran. Siswa akan menjadi lebih aktif (student centered) dengan melakukan percobaan karena melalui kegiatan percobaan siswa akan terbiasa menemukan suatu permasalahan kemudian mencari cara untuk menyelesaikan permasalahan hingga akhirnya mendapatkan solusi akan permasalahan tersebut. Kegiatan percobaan dapat melatih keterampilan problem solving siswa. Kegiatan percobaan jarang dilakukan oleh guru dan siswa karena beberapa alasan salah satunya adalah karena kurang memadainya alat percobaan. Pengembangan edukit IPA dapat dijadikan solusi untuk permasalahan tersebut terhubungnya edukit IPA tersebut dengan mobile application akan semakin memudahkan siswa dalam mengaksesnya. Inovasi ini adalah salah satu wujud perkembangan teknologi di bidang pendidikan. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah research amp development (R amp D). Model penelitian dan pengembangan menggunakan model ADDIE rsquo s (Analize-Design-Develop-Implement-Evaluate). Uji validasi dilakukan kepada validator ahli materi dan validator ahli media. Uji keterbacaan dilakukan kepada 1 guru SMP dan 17 siswa kelas IX. Data hasil uji keterbacaan berupa data kuantitatif dari perhitungan skor dan data kualitatif dari komentar dan saran pada angket uji keterbacaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan media edukit memperoleh persentase 84% dan 87% kelayakan materi 91% dan 89%. Hasil persentase uji keterbacaan oleh guru pada edukit gelombang transversal dan longitudinal adalah sebesar 98% dan edukit pipa organa sebesar 100%. Hasil persentase uji keterbacaan oleh siswa pada edukit gelombang transversal dan longitudinal adalah sebesar 95% dan edukit pipa organa sebesar 96%. Berdasarkan hasil tersebut maka edukit yang telah dikembangkan memiliki kriteria sangat layak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304890

Actions (login required)

View Item View Item