Pengaruh ekuitas merek (Brand Equity) terhadap keputusan pembelian konsumen pada pelembab olay (Study pada konsumen Swalayan Batu Gajah Mada Malang) / Agus Yulianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh ekuitas merek (Brand Equity) terhadap keputusan pembelian konsumen pada pelembab olay (Study pada konsumen Swalayan Batu Gajah Mada Malang) / Agus Yulianto

Yulianto, Agus (2009) Pengaruh ekuitas merek (Brand Equity) terhadap keputusan pembelian konsumen pada pelembab olay (Study pada konsumen Swalayan Batu Gajah Mada Malang) / Agus Yulianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Yulianto Agus. 2008. Pengaruh Ekuitas Merek (Brand Equity) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Pelembab Olay (Studi kasus pada konsumen di Swalayan Ratu Gajah Mada Malang) . Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. F. Danardana Murwani M.M Pembimbing (II) Ita Prihatining Wilujeng S.E M.M. Kata Kunci Ekuitas Merek Keputusan Pembelian Konsumen. Kecenderungan perkembangan perang pemasaran saat ini telah menjadi pertempuran antar merek yaitu persaingan untuk memperebutkan dominasi merek. Olah karena itu merek akan menjadi aset perusahaan yang paling bernilai. Salah satu pemain untuk kategori pelembab saat ini adalah PT Procter Gamble Indonesia dengan produknya pelembab merek Olay. Untuk dapat terus bersaing dengan pesaing lainnya maka ekuitas merek Olay perlu dikelola dikembangkan diperkuat dan ditingkatkan kualitasnya secara berkelanjutan karena merupakan intangible asset sehingga tidak mudah ditiru oleh pesaing lainnya. Berdasarkan penjelasan diatas maka peneliti tertarik melakukan penelitian tentang ekuitas merek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesadaran merek (X1) asosiasi Merek (X2) kesan kualitas (X3) dan loyalitas merek (X4) secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian konsumen. Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel yang digunakan Accidental Sampling yaitu menentukan sampel berdasarkan kebetulan dimana jumlah sampel yang diambil sebanyak 73 orang konsumen di Swalayan Ratu Gajah Mada Malang dengan menggunakan rumus Infinite Population Daniel Terrel. Skala yang digunakan adalah Skala Likert dengan 5 (lima) opsi pilihan jawaban. Untuk menguji kelayakan instrumen digunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dokumentasi observasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kesadaran merek (X1) secara parsial mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap konsumen pada pelembab Olay di Swalayan Ratu Gajah Mada Malang asosiasi Merek (X2) secara parsial mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap konsumen pada pelembab Olay di Swalayan Ratu Gajah Mada Malang kesan kualitas (X3) secara parsial mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap konsumen pada pelembab Olay di Swalayan Ratu Gajah Mada Malang dan loyalitas merek (X4) secara parsial mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap konsumen pada pelembab Olay di Swalayan Ratu Gajah Mada Malang. Secara simultan kesadaran merek (X1) asosiasi Merek (X2) kesan kualitas (X3) dan loyalitas merek (X4) juga mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada pelembab Olay di Swalayan Ratu Gajah Mada Malang. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan kepada pihak perusahaan sebaiknya (1) menciptakan keunikan produk yang mampu membedakan dengan merek pesaing lainnya misalnya bentuk kemasan yang menarik aroma pelembab yang lembut sehingga akan menarik konsumen untuk melakukan pembalian (2) meningkatkan kualitas produk Olay dengan melakukan riset dan pengembangan untuk menciptakan produk berkualitas misalnya dari bahan-bahan alami atau yang tidak berbahaya bagi konsumen (3) meningkatkan inovasi produk dan variasi produk Olay. Oleh karena itu produsen Olay dituntut untuk tetap menjaga konsistensi merek dan selalu mengikuti perubahan yang terjadi di pasar menjaga keunggulan kekuatan merek dan perusahaan harus inovatif dengan menciptakan variasi produk baru sehingga konsumen mempunyai banyak pilihan sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya (4) meningkatkan citra pelembab Olay di mata konsumen. Oleh karena itu citra merek tersebut harus tetap dijaga dan dipertahankan dengan cara menciptakan produk yang mengutamakan standar mutu yang tinggi. Dengan citra merek yang melekat di benak konsumen akan membuat konsumen loyal dan akan selalu membeli produk Olay tersebut. Sedangkan untuk peneliti di masa mendatang yang ingin menggunakan variabel ekuitas merek peneliti menyarankan agar menggunakan variabel citra suatu negara asal (Country of Origin Image) sebagai variabel bebas dan dimensi ekuitas merek (Brand Equity Dimensions) sebagai variabel interveningnya serta ekuitas merek (Brand Equity) sebagai variabel terikat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30489

Actions (login required)

View Item View Item