Pengembangan buku ajar IPA berpendekatan STEM untuk mengembangkan kreativitas siswa pada tema tekanan / Rizka Rahmagusviana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku ajar IPA berpendekatan STEM untuk mengembangkan kreativitas siswa pada tema tekanan / Rizka Rahmagusviana

Rahmagusviana, Rizka (2020) Pengembangan buku ajar IPA berpendekatan STEM untuk mengembangkan kreativitas siswa pada tema tekanan / Rizka Rahmagusviana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan ilmu yang mempelajari tentang fenomena yang terjadi di alam. IPA dapat diajarkan secara terpadu sehingga peserta didik mendapatkan pengalaman dalam pembelajaran. Pembelajaran IPA dapat berjalan dengan baik apabila didukung dengan penggunaan media pembelajaran salah satunya adalah buku ajar. Buku ajar merupakan salah satu media yang dapat digunakan peserta didik dan guru dalam melaksanakan aktivitas dalam proses belajar dan mengajar. Keberhasilan dalam pembelajaran selain didukung dengan metode dan media juga memerlukan pendekatan yang sesuai salah satu pendekatan yang dapat digunakan adalah pendekatan STEM. Penggunaan pendekatan STEM dalam pembelajaran IPA berpeluang untuk mengembangkan kreativitas peserta didik. Kreativitas merupakan salah satu indikator di abad ke-21. Kreativitas merupakan kemampuan dalam menghasilkan berbagai macam ide yang asli dan terbaru. Metode yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan mengadaptasi model Thiagarajan yang dikenal model 4-D (Four-D). Adapun tahapannya adalah pendefinisan (define) perancangan (design) pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Penerapan yang dilakukan dibatasi hingga tahap pengembangan (develop) selanjutnya produk akan di uji kevalidan dan kelayakan. Hasil dari pengembangan buku ajar menunjukkan materi pada buku siswa sebesar 94 8% media buku siswa sebesar 91 3%. Materi buku guru sebesar 90 7% dan media sebesar 91 8%. Buku guru dan buku siswa aspek materi dan media dapat dikategorikan sangat layak. Hasil uji keterbacaan pada buku guru aspek cover dan layout sebesar 87 5% dengan kriteria sangat layak sedangkan pada aspek isi dari buku sebesar 95 83% dapat dikatakan sangat layak. Uji keterbacaan buku siswa dilakukan sebanyak 15 peserta didik dengan hasil rata-rata 93% dan dapat dikatan sangat layak. Berdasarkan hasil validasi dan uji keterbacaan dapat disimpulkan bahwa Buku Ajar IPA Berpendekatan STEM valid dan layak digunakan siswa sebagai media pembelajaran untuk mengembangkan kreativitas siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304888

Actions (login required)

View Item View Item