Pengembangan tes hasil belajar kognitif dan tes penjelasan ilmiah materi sistem pernapasan manusia untuk kelas 2 SMP/MTs / Fitroh Hanifiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan tes hasil belajar kognitif dan tes penjelasan ilmiah materi sistem pernapasan manusia untuk kelas 2 SMP/MTs / Fitroh Hanifiyah

Hanifiyah, Fitroh (2020) Pengembangan tes hasil belajar kognitif dan tes penjelasan ilmiah materi sistem pernapasan manusia untuk kelas 2 SMP/MTs / Fitroh Hanifiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penjelasan ilmiah merupakan bagian penting dari inkuiri ilmiah yakni aktivitas yang dilakukan oleh para saintis dalam mengembangkan sains. Penjelasan ilmiah disusun untuk menjelaskan hasil atau temuan inkuiri ilmiah. Dunia Pendidikan Indonesia lebih mengenal inkuiri ilmiah sebagai pendekatan pembelajaran yang disebut pendekatan saintifik atau pendekatan ilmiah. Kemampuan inkuiri ilmiah juga merupakan bagian dari kerangka literasi ilmiah Program for International Student Assessment (PISA) yang dikenal dengan nama competencies aspect. Penjelasan ilmiah dibuat berdasarkan bukti ilmiah dan pengetahuan ilmiah yang (sudah) ada. Pengetahuan ilmiah sistem pernapasan manusia mengandung pengetahuan faktual dan pengetahuan konseptual di samping pengetahuan prosedural dan metakognitif yang dapat digunakan untuk mengembangkan dan menilai kemampuan penjelasan ilmiah siswa. Untuk menilai kemampuan penjelasan ilmiah diperlukan instrumen. Namun demikian observasi ke salah satu SMP di kota Malang menunjukkan bahwa guru belum pernah melakukan penilaian terhadap kemampuan penjelasan ilmiah siswa dan belum memiliki tes penjelasan ilmiah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan tes hasil belajar kognitif dan penjelasan ilmiah yang valid menurut penilaian para ahli. Penelitian ini menggunakan metode Research dan Development (R amp D) dengan model pengembangan dari Thiagarajan atau bisa disebut dengan model 4D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu Define Design Develop Dan Disseminate akan tetapi pada penelitian ini hanya sampai tahap Develop saja. Define dilakukan dengan cara menetapkan dan mendefinisikan syarat-syarat yang dibutuhkan dalam penelitian Design dilakukan dengan cara menentukan cara yang efektif dalam mengembangkan rancangan produk awal dan Develop dilakukan dengan cara mengembangkan dari perancangan produk yang dilakukan sebelumnya dan dilakukan validasi. Validasi dilakukan oleh 3 orang yaitu satu dosen ahli dan dua guru IPA. Hasil penilaian ahli menunjukkan bahwa skor validasi aspek materi adalah 89 1% (sangat layak) rubrik penskoran adalah 85 8% (sangat layak) konstruk adalah 100% (sangat layak) tampilan dan kemudahan penggunaan adalah 100% (sangat layak) dan aspek bahasa adalah 100% (sangat layak) dengan skor rata-rata 95 6% (sangat layak). Hal ini menunjukkan bahwa tes hasil belajar kognitif dan penjelasan ilmiah yang dihasilkan dalam pengembangan ini layak untuk diproses lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304885

Actions (login required)

View Item View Item