Pengembangan bahan ajar berbasis guided inquiry bersumber belajar kawasan wisata air terjun kakek bodo Tretes sebagai peluang untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik SMP kelas VII pada materi interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya / Rani Anggun Anggraini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbasis guided inquiry bersumber belajar kawasan wisata air terjun kakek bodo Tretes sebagai peluang untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik SMP kelas VII pada materi interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya / Rani Anggun Anggraini

Anggraini, Rani Anggun (2020) Pengembangan bahan ajar berbasis guided inquiry bersumber belajar kawasan wisata air terjun kakek bodo Tretes sebagai peluang untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik SMP kelas VII pada materi interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya / Rani Anggun Anggraini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perancangan kurikulum 2013 disesuaikan dengan karakteristik yang mengembangkan keseimbangan antara sikap pengetahuan dan keterampilan dengan menggunakan pendekatan ilmiah atau saintifik dan penerapan keterampilan proses. Di dalam kurikulum 2013 telah dijelaskan bahwa kegiatan pembelajaran harus berpusat pada peserta didik (student centered) dan kegiatan pembelajaran yang berlangsung harus bersifat interaktif. Guided inquiry merupakan merupakan salah satu model pembelajaran yang melibatkan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran sehingga dengan menggunakan model pembelajaran guided inquiry proses pembelajaran bisa berpusat pada siswa. Penggunaan guided inquiry yang bersumber belajar potensi lokal akan melibatkan peserta didik secara langsung dan maksimal dalam proses ilmiah. Oleh karena itu hal ini dapat melatih dan mengembangkan keterampilan proses sains peserta didik. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar materi interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya berbasis guided inquiry bersumber belajar kawasan wisata air terjun Kakek Bodo Tretes sebagai peluang untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik SMP kelas VII yang valid dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang dilakukan yaitu jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan yaitu model 4D namun pada penelitian dan pengembangan ini hanya dilakukan sampai tiga tahap yaitu define design dan develop. Uji kevalidan produk dilakukan oleh validator ahli dan uji keterbacaan produk dilakukan oleh dua orang guru IPA dan uji keterbacaan terbatas yang dilakukan oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tumpang sebanyak 10 siswa. Data yang diperoleh yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif didapatkan dari hasil perhitungan skor hasil validasi dan uji keterbacaan sedangkan data kualitatif diperoleh dari komentar dan saran yang diperoleh dari validator ahli dan responden uji keterbacaan. Hasil penelitian dan pengembangan diperoleh beberapa kesimpulan yaitu dari hasil uji kevalidan oleh validator ahli materi pada buku siswa dinyatakan sangat valid dengan nilai kevalidan sebesar 91% media pada buku siswa dinyatakan sangat valid dengan nilai kevalidan sebesar 96%. Dari hasil persentase validasi materi dan validasi media oleh ahli tersebut diperoleh bahwa nilai rata-rata kevalidan produk buku siswa yaitu sebesar 94% dengan kriteria sangat valid. Untuk hasil validasi buku guru didapatkan bahwa hasil validasi materi pada buku guru dinyatakan sangat valid dengan nilai kevalidan sebesar 93% dan hasil validasi media buku guru dinyatakan sangat valid dengan nilai kevalidan sebesar 95%. Dari hasil persentase validasi materi dan validasi media oleh ahli pada buku guru tersebut diperoleh bahwa nilai rata-rata kevalidan produk buku guru yaitu sebesar 94% dengan kriteria sangat valid. Hasil uji keterbacaan buku siswa oleh 10 orang siswa dinyatakan sangat valid dengan nilai kevalidan sebesar 89% dan hasil uji keterbacaan buku guru oleh dua orang guru IPA dinyatakan sangat valid dengan nilai kevalidan sebesar 91%. Dari hasil validasi dan uji keterbacaan ini menyatakan bahwa produk yang telah dikembangkan sangat valid dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan uraian di atas terdapat beberapa saran berkaitan dengan pengembangan produk bahan ajar yaitu saran untuk keperluan pemanfaatan produk yang telah dikembangkan dan saran pengembangan produk lebih lanjut. Saran untuk keperluan pemanfaatan produk yaitu hasil pengembangan bahan ajar berupa buku siswa dan buku guru dapat digunakan sebagai bahan ajar alternatif bagi siswa dan guru dalam kegiatan pembelajaran. Sementara itu saran untuk pengembangan lebih lanjut meliputi (1) perbaikan lebih lanjut terhadap produk yang telah dikembangkan agar menjadi lebih sempurna (2) melakukan uji keterbacaan dengan skala besar agar hasil yang diperoleh lebih maksimal (3) pengembangan lebih lanjut dapat dilakukan uji efektivitas produk untuk mengetahui keefektivitasan produk yang telah dikembangkan (4) pengembangan produk bahan ajar hanya terbatas pada materi interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya sehingga diharapkan adanya pengembangan produk bahan ajar yang serupa untuk materi lainnya dan (5) pengembangan produk bahan ajar ini hanya terbatas pada sumber belajar kawasan wisata air terjun Kakek Bodo Tretes maka untuk pengembangan lebih lanjut produk bahan ajar yang dihasilkan dapat dikembangkan lagi dengan bersumber belajar lingkungan lokal lain yang ada di daerah Tretes Prigen dan sekitarnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Apr 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304881

Actions (login required)

View Item View Item