Putri, Alifia Asterina (2020) Pengembangan bahan ajar IPA berbasis PBL terintegrasi STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada materi gerak lurus / Alifia Asterina Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Bahan ajar adalah salah satu sarana belajar yang bisa digunakan siswa untuk belajar secara mandiri. Tetapi model pembelajaran yang menggunakan permasalahan nyata menyisipkan aspek STEM dan menggunakan strategi belajar mandiri belum banyak dikembangkan. Dilihat dari berbagai penelitian masih banyak siswa dengan kemampuan berpikir kritisnya masih rendah dan kesulitan untuk mengaitkan materi pembelajaran dengan permasalahan nyata. Oleh karena itu penelitian yang dilakukan ini memiliki tujuan untuk mengembangkan serta menguji kelayakan dari bahan ajar dengan PBL-STEM pada materi gerak lurus sehingga layak digunakan sebagai peningkatan kemampuan berpikir kritis pada siswa. Penelitian yang dilakukan menerapkan model pengembangan 4-D dengan tujuan menjelaskan kenaikan kemampuan berpikir kritis melalui bahan ajar IPA berbasis PBL-STEM. Hasil validasi ahli materi menyimpulkan bahwa bahan ajar memiliki persentase kelayakan rata-rata 96% dan validasi ahli media menunjukkan persentase rerata kelayakan 90%. Hasil uji keterbacaan oleh guru menyimpulkan jika bahan ajar memiliki persentase keterbacaan rata-rata sebesar 100% dan hasil keterbacaan oleh 15 siswa memiliki persentase keterbacaan rata-rata sebesar 100%. Sehingga bisa ditarik kesimpulan bahwa bahan ajar IPA dengan PBL-STEM diperoleh hasil sangat layak sehingga berpeluang untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Mar 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/304873 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |