Rachmawati, Andri Putri (2021) Pengembangan bahan ajar e-book untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungan Kelas VII SMP/MTS / Andri Putri Rachmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Di Indonesia pada saat ini mengalami pandemi Covid-19 yang memberikan dampak terutama pada bidang pendidikan. Proses pembelajaran dilakukan secara daring sehingga untuk memfasilitasi belajar mandiri siswa guna menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa maka perlu adanya perangkat pembelajaran yang menarik. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan dan keterbacaan bahan ajar berupa e-book pada materi interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini di adaptasi oleh model Lee amp Owens tahapan yang dilakukan yaitu 1) penilaian/analisis 2) desain dan 3) pengembangan. Data yang dikumpulkan meliputi data kualitatif berupa komentar dan saran validator dan data kuantitatif berupa skor hasil validasi ahli media ahli materi guru dan uji keterbacaan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket uji validasi ahli media ahli materi guru dan uji keterbacaan. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar e-book yang dikembangkan memiliki persentase kelayakan yaitu validasi ahli media 76 3% validasi ahli materi 77% validasi guru 94 9% dan uji keterbacaan siswa 86%. Sehingga dari angka tersebut produk bahan ajar e-book yang dikembangkan dapat dikatakan sangat layak dan valid untuk digunakan dalam proses pembelajaran IPA.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Dec 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/304872 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |