Pengembangan bahan ajar berbasis inkuiri terbimbing diperkaya Augmented Reality (AR) untuk kegiatan memahami sifat-sifat cahaya dan penerapannya dalam kehidupan / Venin Kharisma Noviantia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbasis inkuiri terbimbing diperkaya Augmented Reality (AR) untuk kegiatan memahami sifat-sifat cahaya dan penerapannya dalam kehidupan / Venin Kharisma Noviantia

Noviantia, Venin Kharisma (2020) Pengembangan bahan ajar berbasis inkuiri terbimbing diperkaya Augmented Reality (AR) untuk kegiatan memahami sifat-sifat cahaya dan penerapannya dalam kehidupan / Venin Kharisma Noviantia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Noviantia Venin Kharisma. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Inkuiri Terbimbing diperkaya Augmented Reality pada Kegiatan Memahami Sifat Cahaya dan Penerapannya dalam Kehidupan. Skripsi Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Munzil M.Si. (II) Vita Ria Mustikasari S.Pd M.Pd. Kata Kunci Bahan Ajar Augmented Reality Inkuiri Terbimbing Cahaya da Alat Optik Hakikat IPA dalam pembelajaran meliputi tiga unsur utama yang terdiri dari sikap proses dan produk serta tidak dapat dipisahkan setiap unsurnya. Pembelajaran IPA harus menekankan pada Pendekatan Saintifik dengan pendekatan 5M dalam pengalaman belajar yaitu mengamati menanya mengumpulkan informasi mengasosiasi dan mengkomunikasikan. Model pembelajaran yang sesuai dengan Pendekatan Saintifik salah satunya adalah inkuiri terbimbing karena dapat mengintegrasikan keterampilan sains secara utuh. Komponen pendukung dalam mengimplementasikan pembelajaran inkuiri terbimbing adalah suatu bahan ajar. Penggunaan bahan ajar yang sesuai dengan dipadukan teknologi augmented reality dapat membantu proses mengkonstruksi konsep dengan mudah pada peserta didik. Salah satu topik kajian materi IPA pada tingkat SMP adalah cahaya dan alat optik. Tujuan penelitian dan pengembangan ini yaitu menghasilkan bahan ajar berbasis inkuiri terbimbing diperkaya augmented reality pada materi cahaya dan alat optik untuk SMP/MTs kelas VII yang layak dan valid Model penelitian pengembangan ini menggunakan model yang dikemukakan oleh William W. Lee amp Diana L. Owens yang terdiri dari lima tahap yaitu (1) penilaian/analisis (asessment/analysis) yang terdiri dari analisis kebutuhan (need asessment) dan analisis awal akhir (front-end analysis) (2) desain (design) dilakukannya perancangan produk (3) pengembangan (development) yaitu produk hasil pengembangan divalidasi oleh ahli materi dan media (4) implementasi(implementation) dan (5) evaluasi (evaluation). Penelitian ini terbatas hanya sampai tahap ketiga yaitu pengembangan dan validasi dikarenakan keterbatasan waktu dan biaya peneliti. Jenis data yang diperoleh yaitu data kuantitatif berupa angka dan data kualitatif berupa saran dan komentar yang diperoleh dari validator. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu angket yang terdiri dari pernyataan dan dilengkapi skor penilaian yaitu skala Likert dan skala Guttman. Bahan ajar yang dihasilkan berupa buku cetak berukuran A5 yang memuat materi cahaya dan alat optik yang disajikan dalam bentuk modul video dan animasi augmented reality. Hasil validari keseluruhan bahan ajar sebesar 93% dengan kriteria sangat layak dan validasi dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang dihasilkan dapat digunakan sebagai sumber belajar dalam proses pembelajaran IPA khususnya pada materi cahaya dan alat optik baik di dalam maupun di luar kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304871

Actions (login required)

View Item View Item